Jumat, 30 Mei 2014

Cara Lihat Pengumuman Kelulusan CPNS Tenaga Honorer Kategori 2

Berbagai verifikasi dan validasi honorer kategori 2 untuk menjadi CPNS, yang pada akhirnya
Hasil Pengolahan Seleksi Tenaga Honorer Kategori-2 (TH K-2) telah ditetapkan BKN.
Secara transparan bisa diakses secara online oleh masing-masing peserta tes dengan memilih.

Instansinya, Provinsi,instansi kerja biasanya Kabupaten. dan yang terpenting nomor tes pesertanya, dan diyakin kan nama-nama yang dinyatakan lulus telah di akui BKN dan siap diajukan untuk pemberian NIP.
Cara Lihat Pengumuman CPNS Tenaga Honorer Kategori 2
Doa kami semoga lulus semua, amin
Klik link dibawah ini yang langsung diarahkan pada portal resmi yang mengumumkan kelulusan ini.
Cek Kelulusan Honorer K2 2014

Kamis, 29 Mei 2014

Berita Laporan Tunjangan Dikdas/LTD

Berita atau informasi ini berasal dari Pak Tagor Alamsyah Harahap P2TK. menjelang batas akhir.
1. Jika di info PTK atau Laporan Tunjangan Dikdas (LTD) datanya sudah valid semua namun SK belum terbit, maka tunjangannya tetap akan dibayarkan karena persyaratannya sudah dipenuhi baik untuk guru maupun pengawas.

2. Jika guru sudah memenuhi syarat 24 jam dan linier, namun ada permasalahan dengan NUPTK dan NRG yang belum ditemukan atau belum valid, maka tetap akan diterbitkan SKTP dan tunjangannya akan tetap dibayarkan sejak januari setelah dilakukan perbaikan terhadap kesalahan tersebut.
Berita Lembar Tunjangan Dikdas
3. Jika point 17,18, dan 19 pada LTD sudah valid namun masih ada kesalahan pada point lain, maka tetap akan dibayarkan jika kesalahan tersebut sudah diperbaiki.
Intinya semua kesalahan masih bisa diperbaiki kecuali yang terkait pada point 17, 18, dan 19 (amanat pasal 15 PP 74 tahun 2008) tidak bisa ditawar dengan batas akhir 31 mei 2014.
Sampai saat ini batas akhir perbaikan data tetap 31 mei 2014 dan belum ada perpanjangan (H min 1)

Hebatnya Operator Sekolah

Seraya menunggu info-info terbaru mengenai perkembangan Dapodik,Verval NISN,BSD dan pendataan online lainya untuk pendidikan bersama rekan-rekan seperjuangan baik di dunia maya maupun di dunia nyata.

Setumpuk tugas menanti disamping jadi seorang pengajar dan pendidik di kelas itu kewajiban pasti plus ditambah kerjaan yang nampak ringan dipandang orang lain namun jika ikut mengerjakan, kira-kira tahu juga khasiatnya dan merasa pahit getirnya menjadi Operator Sekolah.

OPS (red-operator sekolah) nama samaran yang populer dan abadi sepanjang masa, berada pada kelompok grass root (akar rumput) dalam pengelolaan pendataan pendidikan, mengapa disebut demikian karena konon kabarnya semua tumpuan bukan saja timpukan ada pada OPS. Informasi dan tata cara pengerjaan diminta selalu update agar jelas tidak ketinggalan, masalah pelatihan OPS ketinggalan karena ada Seniornya Operator Kecamatan maupun Kabupaten, pada urusan ahli pendataan bukan OPS untuk dijadikan trainer buktinya TOT Dapodikdas apakah semua yang ikut OPS tidak bukan, tentu Operator Kabupaten lebih keren, walau kebanyakan kemampuannya pas-pas an dan parahnya lagi hasil TOT tak mau dibagikan pada para OPS.
Hebatnya Operator Sekolah

Jika dilakukan survei kesalahan-kesalahan input data selama ini memang dari OPS namun tahukah kawan-kawan yang justeru memberikan solusi nya bukan banyaknya dari Op.Kabupaten tapi OPS yang membantu untuk itu, jadi satu hal OPS Hebatnya punya kerjasama tinggi, penuh sifat gotong royong,merasa senasib seperjuangan.

"Mohon info alamat kirim BSD kemana ya? atau sinkronisasi yang berhasil seperti apa ya?" begitu kebanyakan pertanyaan di Jejaring sosial, seolah tak punya Op kabupaten yang sudah memberikan penjelasan dari berbagai pelatihan yang didapat, toh buktinya pertanyaan OPS di atas adalah bukti memang benar dia tidak mengetahui.

Datanglah serangan jawaban yang tanpa dibayar, tanpa tahu itu siapa dan berasal dari mana, merespon dengan memberikan solusi "Langsung saja Pak/Bu jika mau kirim BSD jika pada dapodikdas 207,BSD nya dah mantap bisa langsung kirim asal terkoneksi internetnya"
Trima kasih atas pencerahannya pak. jawab ops penanya.

Saya sebagai penulis memberikan full apresiasi akan kerjasama ini,1000 jempol untuk kawan-kawan ops macam ini. anda hebat.

Belum lagi masalah lain misal JJM tidak linear,Dapodiknya datanya hilang padahal dah entry lengkap, kemana mereka mengadu yah ke OPS juga, ke admin pusat. boro-bro dibalas numpuk pertanyaan namun tak kunjung ada balasan, rasional saja ada jutaan ops yang bertanya, dsini tentunya banyak peranan yang hilang untuk mensukseskan pendataan pendidikan ini.

OPS juga hebat dalam artian menyebarkan berita, ada yang hobby copasser, kutiper bahkan ada yang murni solusi pengalamannya sendiri yang dibagikannya pada rekan lain. alhamdulillah hasil mandiri dan coba-cobanya juga bermanfaat. jika copasser,kutiper namun maksud ops baik ingin memberitahukan pada rekan lain yah tentu banyak juga manfaatnya. ia, gak?

Itulah sedikit cerita tentang OPS, walau sejatinya kebanyakan Operator sekolah Sudah Jatuh Tertimpa tangga Pula.
Tetaplah semangat teman dan sahabat ops, walau ada setumpuk angan-angan dan cita-cita agar kesejahteraan OPS lebih baik, namun kesejahteraan tersebut masih selalu diperbincangkan antar OPS saja muter-muter, karena ditanya ke pusat itu urusan sekolah dan daerah, jika ditanya daerah bisa jadi dijawab urusan Pusat masalah kesejahteraan OPS.

Hal-hal berikut kewenangan Operator Sekolah:

1. Pengerjaan laporan bulanan
2. Pelaporan BOS online atau offline
3. Pengerjaan dapodik yang kalau dilihat makin naik pacth makin banyak saja beban ops
4. PADAMU NEGERI
5. Surat menyurat maupun ketikan-ketikan harian..
6. dsb silahkan tambahkan.


Hebat toh, walau GTT jago laptop, gaji gak jelas tetap begadang, mau mengundurkan diri sering di tolak (karena gak ada lagi yang bisa main laptop di sekolah), disayang dan di pedulikan bahkan di marah2 saat sktp tidak muncul namun setelahnya, entahlah. tapi sang OPS tetap sabar.

Yuk..lanjutkan perjuangan, kita tunggu janji-janji kesejahteraan ops yang selama ini hanya ada omongan,kebijkan, namun ketegasan implementasi tak ada indikasi nya. sama saja dongeng pengantar tidur.

Tetap semangat, akur atau gak akur dapodik harus kelar karena ini tanggung jawab kita, lanjutkan anda hebat teruskan kehebatan dan saling berbagi kawan-kawan.




Forum Honorer Indonesia Tuntut Janji Menpan

Menindak lanjuti, Janji Menpan-RB Azwar Abubakar bahwa seluruh honorer K2 asli akan diangkat semua menjadi CPNS, termasuk yang gagal tes, disambut Forum Honorer Indonesia (FHI).
 Dari berbagai media yang beredar Menpan menyatakan akan mengangkat seluruh Honorer K2 yang asli untuk dijadikan CPNS, mendengar dan membaca berita tersebut
FHI menggelar rapar koordinasi di Universitas Negeri Jakarta, pada 25 Mei 2014. Sejumlah keputusan diambil, antara lain meminta pemerintah segera mengeluarkan Surat Edaran yang bisa menjadi acuan bagi seluruh instansi, terutama pemda, dalam memproses nasib honorer K2. FHI mendesak Menpan-RB untuk mengeluarkan SE, paling lambat tujuh hari ke depan.
FHI pun menyampaikan poin-poin penting, yang diharapkan diakomodir ke dalam SE dimaksud. (sam/jpnn)
dari rapat koordinasi tersebut FHI merumuskan dan mengirimkan surat tentang draft edaran dari menpan

Forum Honorer Indonesia Tuntut Janji MenpanBerikut surat FHI yang ditujukan ke Menpan-RB yang file-nya dikirim ke redaksi JPNN, Selasa (27/5)

FORUM HONORER  INDONESIA
Akta Notaris  :  No. 158 Tanggal 25 April 2011    Tn. C. SOFYAN, SH. S.p.1
Hp. 081377995656, 087757981818, 082117793119

No    : 100/FHI/A/V/2014
Lamp    :
Hal    : USULAN DRAFT SURAT EDARAN MENPAN UNTUK
      PENUNTASAN HONORER K2 YANG BELUM LULUS
Kepada Yth :
Bapak Menteri Penmberdayaan Aparatur Negara &
Reformasi Birokrasi
Dengan Hormat,
Menindaklanjuti Perkembangan Masalah Honorer di Indonesia, dimana ada beberapa wacana yang muncul :
1.    Pernyataan MENPAN & RB pada tanggal 16 Mei 2014 dan Pernyataan Sekretaris MENPAN pada tanggal 18 Mei 2014 di Media yang menyatakan bahwa adanya PENGANGKATAN BAGI HONORER K2 YANG TIDAK LULUS TES.
2.    Masih adanya laporan dari Daerah terkait Verifikasi Data yang tidak dijalankan untuk membersihkan data data bodong
Maka kami dari Presidium FHI Pusat memberikan Usulan Draft Surat Edaran MENPAN terkait Penyelesaian Tenaga Honorer K2 yang belum lulus.
Adapun Draft Usulan Terlampir
Demikian Surat ini kami sampaikan sebagai Rekomendasi bagi Penyelesaian Tenaga  Honorer K2 seluruh Indonesia.
Jakarta, 25 Mei 2014
Ketua Presidium FHI Pusat                         Sekjend Presidium FHI Pusat

(Hasbi,S.Pd,MM)                                           (Eko Imam Suryanto,S.Psy, M.Pd)
cc.
-    Bapak Presiden RI
-    Komisi II DPR RI
-    PANJA GURU DPD RI
-    Kepala BKN
-    File
===============
DRAFT USULAN POINT-POINT untuk SURAT EDARAN MENPAN & RB TERKAIT PENDATAAN ULANG HONORER K2 YANG BELUM LULUS TES sekaligus Honorer Non Katagori Terkait dengan Wacana Pengangkatan menjadi CPNS
MENIMBANG
1.    Bahwa untuk memenuhi rasa keadilan bagi Seluruh Tenaga Honorer yang selama ini sudah mengabdikan dirinya pada instansi pemerintah
2.    Bahwa untuk memberikan penghargaan yang setingi tingginya bagi Para Tenaga Honorer yang selama ini sudah mengabdi untuk memperlancar tugas dan pelayanan publik
3.    Bahwa sampai saat ini kesejahteran Tenaga Honorer jauh dari layak memenuhi standar hidup minimal
4.    Mengingat Pemerintaha di daerah terpenci,terluar dan terdepan dalam memenuhi kebutuhan Guru,Tenaga Kesehatan, Penyuluh dan Tenaga Tehnis lainnya
5.    Usulan yang masuk dari berbagai daerah dan organisasi Honorer di Indonesia terkait Penuntasan Nasib Honorer yang bekerja di Instansi Pemerintah
6.    PP No 48 Tahun 2005 junto PP No 43 Tahun 2007 juncto PP 56 Tahun 2014.
7.    Surat Edaran MENPAN No 5 Tahun 2010
8.    Surat Edaran MENPAN No 3 Tahun 2012
9.    Undang Undang No  5 Tahun 2014 Tentang  Aparatur Sipil Negara
Maka Pemerintah Memutuskan untuk :
1.    Menambah Kuota Pengangkatan CPNS dari Tenaga Honorer K2 yang belum lulus
2.    Melakukan Verifikasi Data Kembali secara Nasional seluruh Honorer K2 yang ikut tes tetapi belum lulus.
3.    Menginventarisir Jumlah Tenaga Honorer yang bekerja sejak Tahun 2006 s/d 2012 yang bekerja di Instansi Pemerintah.
4.    Melibatkan TIM independen/ organisasi tenaga honorer didaerah dan di Pusat.
Selanjutnya terkait dengan Hal di atas Kami meminta seluruh Pejabat Pembina Kepegawaian di Daerah untuk melaksanakan hal-hal sbb :
1.    Melakukan Inventarisir Kembali Para Honorer K2 yang mengikuti tes sesama Tenaga Honorer K2 tetapi dinyatakan belum lulus.(format terlampir)
2.    Melakukan pendataan secara nominatif jumlah Honorer Non Katagori yang bertugas sejak Tahun 2006 sampai 2012. (format terlampir)
3.    Untuk point 1 juga harus dilampirkan FC kartu Ujian yang bersangkutan
4.    Selanjutnya Hasil Inventarisir dan pendataan tersebut dikirim ke Pusat dilengkapi dengan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak dari Kepala SKPD dan Kepala Daerah.
Demikian masukan/ usulan TIM 9 FHI sebagai Draft  isi Surat Edaran MENPAN dengan harapan dapat membantu Ke MENPAN & RB dalam menuntaskan Masalah Tenaga Honorer di Indonesia.
Jakarta, 27 Mei 2014
Ketua Presidium FHI Pusat                      Sekjend FHI Pusat

(Hasbi,S.Pd,MM)                                        (Eko Imam Suryanto,S.Psy,M.Pd)

Selasa, 27 Mei 2014

Info Dapodikdas 208 dan Verval NISN

Info berikut berasal dari rekan-rekan yang mengikuti TOT Dapodikdas yang berlangsung di Bandung pada 5 angkatan.
Sedikit info dijelaskan dari KK-Datadik kepada kami berbagai hal tentang Dapodik dan perkembangan untuk dilakukan kedepan oleh para Opeartor sekolah, semoga bermanfaat.

Menyangkut Verifikasi dan Validasi NISN posisi nya masih belum akhir atau batas final dikarenakan sejatinya aplikasi tersebut akan launching bulan juni 2014 dan disebutkan akan ada manual aplikasi/Faq beserta video tutorial yang akan resmi di rilis PDSP.
Jika demikian halnya mari kawan-kawan kita tunggu kepastian dan panduan yang dalam tatanan aturan pusat.
Info Dapodikdas 208 dan Verval NISN
sementara kita hanya lakukan cek data ke akuratan bodata siswa bapak/ibu bagi yang sudah jika data yakin benar dan masuk pada tab referensi bukan berarti salah jika data tersebut sudah diproses dengan memperhatikan keakuratan dan perbandingan yang sesuai.
Macth or Not Macth.

Aplikasi Dapodikdas versi 208 atau pacth 208 yang tak lama lagi akan rilis akhir bulan ini dalam rencananya tak ada fiture tambahan hanya memperpanjang masa aplikasi, semoga demikian karena hot issue yang paling gress bakal ada insert nilai raport pada Dapodikdas 208.

Info lain pastikan checklist keaktifan hingga juni, dan baca solusi sync dapodikdas data ganda yang di turunkan

Minggu, 25 Mei 2014

Download Software Kuis Interaktif Berbasis Web

Ini Software pembuat soal yang baik yang pernah saya temui dibanding software sejenis yang berbayar sekalipun.
Software Quiz Interactive Berbasis Web buatan Hot Potatoes ini tak kalah dengan software yang berbayar walaupun software ini gratis, no pasword,no trial dan sangat mudah untuk digunakan maupun cara membuat kuis dengan menggunakan software ini
Istimewa nya Support Arabic juga, sehingga bisa juga digunakan oleh guru-guru PAI dan guru madrasah.
dan jika bapak ibu menginstalnya maka dalam software ini terdiri dari 5 bagian utama. Yaitu:

Download Software Kuis Interaktif Berbasis Web
1) JQuiz: berfungsi untuk membuat soal pilihan jamak, jawaban singkat, hybrid dan pilih jamak.
2) JMix: berfungsi untuk membuat soal urutan dan susunan kalimat/ kalimat acak.
3) JMatch: untuk membuat soal menjodohkan.
4) JCross: untuk membuat teka-teki silang
5) JCloze untuk membuat soal melengkapi kalimat.


Download Software Kuis Interaktif Berbasis WebJika berminat silahkan di download software ini tak bayar no trial silahkan berkreasi dalam membuat soal bagi anak didik kita.
Saya kira sangat membantu dalam proses penilaian kelas dan membuat kelas lebih hidup. GRATISS ini memang yang kita cari tak kalah pada software sebelum nya, Software Tabungan Siswa

Dengan ukuran 9 MB tested win 7 dikemas dalam bentuk rar saya semayamkan di 4shared silahkan klik download pada Link di bawah ini.

Download Software Quiz Interactive Berbasis Web

Sabtu, 24 Mei 2014

Cara Cek NUPTK Di Data Referensi Pendidikan(PDSP)

Selama ini kita cukup bingung untuk melakukan pengecekkan data nuptk, terutama valid atau tidak menyangkut data pada tunjangan lembar info PTK.
Kita ketahui bersama bahwa sudah di jelaskan Dapodik tak terintegrasi dengan padamu negeri. jika terjadi kesalahan data PTK untuk NUPTK nya kita tak bisa melakukan pengecekkan ke Padamu negeri.

Hal ini memang cukup membingungkan bagi para operator akan kemana melakukan cek Data NUPTK jika terjadi kesalahan karena mengingat database NUPTK pada lembar Info PTK tidak berbasis padamu negeri.

Telah dijelaskan sebelumnya oleh Pak Tagor Alamsyah Harahap bahwa kebijakan penerbitan NUPTK itu milik PDSP sesuai Instruksi Menteri Pendidikan no 2 tahun 2011 dan hal tersebut juga tercermin pada Layanan Pusat data Statistik Pendidikan.

Jika demikian bagaimana melakukan cek data NUPTK.
Berikut langkah-langkahnya.:

1. Klik alamat ini Data Referensi Pendidikan
Maka muncul tampilan dan pada sidebar atas pilih Data Master dan pilih pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK) dan klik Pendidikan dasar dan menengah. seperti tampilan berikut
Cara Cek Data NUPTK Di Referensi Pendidikan(PDSP)
2. Pilih Provinsi>Kabupaten>Kecamatan> dan Sekolah dimana bapak/ibu bertugas.
3. Pada Kolom sekolah kita klik jumlah PTK nya jangan klik npsn nya.
Cara Cek Data NUPTK Di Referensi Pendidikan(PDSP)

Jumlah ptk terdiri dari angka-angka pastinya klik angka tersebut maka akan muncul data guru
4. Klik Tabel Nuptk klik tepat pada angka-angka yang pada Ujungnya XXX.
5. Langkah ini setelah di klik muncul halaman login NUPTK dan harap diperhatikan untuk login sudah di jelaskan ada sedikit perbedaan jika Bapak ibu tak punya user id bisa dituliskan tempat lahir dan pasword tahun/bulan/tanggal (YYYY-MM-DD)
Cara Cek Data NUPTK Di Referensi Pendidikan(PDSP)
 Jika berhasil kita login disitu akan termuat data-data kita menyangkut data Pribadi,sekolah induk,pengembangan profesi dan karir. selesai
Semoga bermanfaat.

Jumat, 23 Mei 2014

Sekolah Tak Perlu Lagi Kirim Proposal

Saat ini Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan menengah mengembangkan aplikasi-aplikasi pemanfaatan Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas). Aplikasi tersebut dapat digunakan untuk melakukan perencanaan pembangunan pendidikan baik di tingkat Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten/Kota. berita yang bersumber dari dikdas kemdikbud ini menjelaskan Hasil TOT Dapodikdas dan pemanfaatan yang multi fungsi pada peranannya.

Selain itu juga sedang dilakukan pembangunan aplikasi distribusi data dari server Pusat ke Provinsi. Kemudian akan dilanjutkan distribusi data dari Provinsi ke Kabupaten/Kota. Diharapkan, dengan begitu, pengelola Dapodikdas di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat memanfaatkan Dapodikdas dengan sebaik-baiknya.
“Bapak-Ibu sekalian minimal bisa membuat profil pendidikan di Kabupaten/Kota masing-masing. Syukur-syukur lebih dari itu,” kata Supriyatno, M.A, Kepala Sub Bagian Data dan Informasi Bagian Perencanaan dan Penganggaran Sekretariat Ditjen Dikdas, saat membuka Training of Trainer Pemanfaatan Sistem Pendataan Pendidikan Dasar angkatan V di Swiss-Belhotel Bandung, Jawa Barat, pada Kamis malam, 22 Mei 2014.

Dengan tersedianya data tiga entitas pendidikan yaitu peserta didik, satuan pendidikan, dan pendidik dan tenaga kependidikan, tambah Supriyatno, Pemerintah Daerah tak perlu lagi melakukan penjaringan data. Yang perlu terus dijaga adalah operator sekolah tetap memasukkan dan memperbarui data-data tersebut.
Sekolah Tak Perlu Lagi Kirim Proposal

Lebih lanjut Supriyatno mengatakan, kini Ditjen Dikdas sudah mulai meninggalkan proposal based planning dan beralih ke databased planning. Hal ini dilakukan lantaran proposal based planning hanya menguntungkan sekolah-sekolah yang rajin mengirim proposal. Sementara sekolah lain yang tidak mengirim proposal padahal membutuhkan bantuan tak pernah tersentuh.

“Dengan databased planning akan kelihatan sekolah mana yang membutuhkan guru, terjadi kelebihan guru, memerlukan ruang kelas baru dan perpustakaan,” ungkapnya.
ToT Pemanfaatan Sistem Pendataan Pendidikan Dasar angkatan V digelar pada 22-24 Mei 2014. Pesertanya berjumlah 103 orang. Mereka adalah petugas KK Datadik Kabupaten/Kota dari Provinsi Sulawesi Selatan, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Riau, Bali, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Utara. ToT kali ini merupakan angkatan terakhir dari serangkaian penyelenggaraan di Kota Bandung, Jawa Barat.

Panduan Verval NISN Peserta Didik

Cara/Panduan Verval NISN Terbaru ini intinya kami banyak mengutip panduan dari rekan-rekan ops yang sudah berpengalaman  di jejaring sosial, ini agar bisa tershare ke semua rekan operator kami pun mencobanya. Karena saya rasa cukup lengkap untuk berbagi informasi kepada rekan operator sekolah.

NISN  merupakan  data  individu  peserta  didik  (NISN)  yang  telah  tervalidasi  dengan
Nomor  Pokok  Sekolah  Nasional  (NPSN).  Sperti  diketahui  NISN  siswa  di  verval  datanya
berasal dr hasil sinkronisasi dapodikdas & PDSP.
Mungkin ada yg menunggu, ko NISN kelas 1 blm keluar,  sebagian  NISN kelas 5 belum
ada.  Nah  sekarang  sudah  ada  pencerahan  khususnya  untuk  Sekolah  yg  menantikan
data NISN siswa  karna berbagai keperluan (BSM, Administrasi, untuk klas 6 sbg syarat
PPDB,  dll).  Oke  gaperlu  lama-lama,  karna  saya  juga  bukan  ahli  merangkai  kata-kata
indah & romantis apalagi saya malu soalnya yg bacanya juga cantik & ganteng.
Baiklah Pertama-tama buka situs verval pada kemdikbud.
Verval NISN Peserta Didik
Panduan Verval NISN Peserta Didik

selanjutnya,
kita  login  Username  dan  Passwordnya  sama  dengan  kita  masuk  ke  Aplikasi
Dapodikdas
cuman beda di chaptcha aja yg galau, soalnya suka gonta ganti huruf tiap
login pasti beda lagi tuh hurufnya.
Setelah login
Kita  akan  berjumpa  dengan  Home  dimana  disana  ada  lingkaran  Residu  dan  Referensi.
Pada Postingan yang lalu saya telah bahas cara penggunaan Login NISN Menu Residu

Kita lanjutkan, Apa Residu.? Itu bisa diartikan data siswa yg perlu dikoreksi/penyesuaian/verivikasi dan
apa itu referensi.? Yaitu data NISN siswa yg sdh valid atau sudah cocok datanya antara
di dapodik dan di database  PDSP. Jadi NISN yg harus dipakai itu adalah data NISN yg
ada di Referensi/PDSP (yang mengeluarkan NISN)

Selanjutnya mari kita lanjut ke Tab Residu (Data Penampungan yg perlu verifikasi)
Nah disana kita akan melihat data siswa yg tidak masuk ke Tab Referensi, berate siswa
yg belum mempunyai NISN atau Siswa mempunyai NISN tp tidak sesuai datanya dgn di
dapodik hasil sinkronisasi dan PDSP.
Panduan Verval NISN Peserta Didik



Tapi sebelumnya, perlu kita ketahui istilah  MATCH  dan  NOT  MATCH  yang ada di Tab
Residu.
1.  Match berarti data sesuai/mirip dengan yg ada di database PDSP dan tidak perlu
dikeluarkan NISN baru karna sdh terdaftar.
2.  No  Match  berarti  belum  terdaftar  di  database  PDSP  &  perlu  dikeluarkan  NISN
baru.

Kita klik nama siswa lalu nanti akan ada lingkaran loading/please wait, untuk siswa baru
(Kelas 1 SD & yg blm mendapatkan NISN dr sejak kelas 1) maka akan langsung muncul
Not  Match  meski  dinataranya  akan  muncul  siswa-siswa  lain  (itu  dikarenakan  ada
kemiripan nama dgn siswa di sekolah lain) & juga Not Data Display. Tp itu tdk masalah
tinggal klik saja Not Match. Loh ko langsung klik Not Match ? Ia karna sudah dipastikan
untuk  siswa  kelas  1  SD  blm  mempunyai  NISN,  juga  bagi  Siswa  yg  dr  kelas  1  belum
mendapatkan  NISN  atau  juga  siswa  yg  perasaan  udah  punya  NISN  tp  muncul  Not
Match & di search pun ga ada yg sama. Ya tinggal klik saja Not Match. Oke..
Selanjutnya tentang pembahasan Match di Tab Residu.
Panduan Verval NISN Peserta Didik

Nah, untuk yang ini adalah penyesuaian data yg sudah atau terdaftar di database PDSP.
Pertama  kita  kita  klik  siswa  (biasanya  ini  siswa  kelas  atas  bukan  siswa  baru/kls  1).

 Jadi ketika  kita  mengklik  nama  siswa  maka  akan  muncul  siswa  dan  search.  Untuk
memastikan  kita  akan  disuguhkan  dgn  nama-nama  siswa  tp  bila  tidak  sesuai  kita  klik
search  lagi.  Bila  ditemukan  namanya  mirip  sperti  gambar  diatas  maka  kita  ceklis  dulu
lalu  klik  Match  (yg  artinya  data  sudah  benar/akur/sesuai  dan  perlu  dipindahkan  ke
refernsi  dan  sudah  terdaftar  mempunyai  NISN)  tp  bila  di  search  tdk  muncul  jua  ,  itu
berrati  dipastikan  belum  mempunya  NISN  jd  itu  caranya  harus  meng’KLIK  Not  Match
(untuk dibuatkan NISN).
Biasanya yg Match ini, karna perbedaan nama sperti diatas:
Di  dapodik  terdaftar  Nur  Alam  Herlina  Putri  (karna  di  Aktenya  namanya  itu/harus
lengkap)  tapi  di  Database  terdaftar  Nur  Alam  Herlina  P.  Jadi  bias  disimpulkan  yang
terdaftar  di  database  PDSP  bila  di  Match  maka  data  NISNnya  akan  menyesuaikan
namanya dengan yg ada di dapodikdas.
Ending, kita akan ke Tab Referensi.
Bagi yang datanya di Tab Residu stelah di Matching atau Not Matching akan muncul di
Tab Referensi yg datanya sudah Valid atau tak ada masalah.
Akan muncul sperti gambar dibawah ini.
Panduan Verval NISN Peserta Didik


1.  Teliti dan Cek kembali jgn rusuh, karna rusuh alias terburu-buru asal klik aja.. itu tak
baik  loh  bagi  kesehatan.  Tadinya  mu  klik  match  malah  not  match  jdnya  doble  tuh
NISN siswanya.
2.  Untuk jenjang SMP & sekitarnya, mungkin akan ada perbandingan antara Residu lbh
banyak daripada di Referensi
Lihat Tampilan Berikut  yang lebih lengkap dalam kelanjutan verval NISN:
Panduan Verval NISN Peserta Didik
Tujuan dari verval ini agar nama dan data lebih akurat di NISN Kemdiknas dan tentu sesuai dengan data input dapodik,
ada fiture edit nisn, bisa diartikan nisn bisa di edit sesuai dengan data siswa tersebut, karena kemungkinan saja ada siswa yang tidak mau mengakui nisn yang diberikan pusat, katanya nisn yang ada dulu sudah dipakai di ijazah di BOS, di rapot dan lain lain.

tapi fungsi edit nisn ini tidak serta merta akan mengubah, karena harus melampirkan bukti (scan raport kalo memang itu sudah dipake di rapot, bentuk file JPG/PNG) atau scan dokumen yang lain yang terkait dengan program yang menggunakan nisn tersebut.
Panduan Verval NISN Peserta Didik

Fiture Konfirmasi artinya kita meyakini bahwa data yang di matchkan sudah diyakini benar dan akan mengupdate data di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/home tersebut:

Fiture Tab 1,  sedikit perbedaan fiture tab1 dengan tab 2 hanya pada pengecekan nama antara data nama dapodik dengan nama yang ada di NISN Kemdiknas , kalo tab1 artinya tidak ada perbedaan nama yang signifikan, jadi 99% mereka (sekolah) tidak salah match, makanya tidak ada perbandingan nama, dan bisa di confirm secara kolektif,
caranya pilih data siswanya(chek box) terus klik ok.


Fiture TAB 2
Tab 2 artinya data tersebut intinya perbandingan nama antara NISN Kemdiknas dengan nama dapodik sangat berbeda jauh, sehingga perlu melakukan dikonfirmasi satu persatu, kalau memang itu orang yang sama, klik confirm, sedangkan jika itu orang yang berbeda, maka klik unmatch. 
pada  tab2 pada saat klik confirm, maka data di NISN Kemdiknas akan di update dengan data sesuai dapodik.
Panduan Verval NISN Peserta Didik

 Tampilan saat pencarian NISN sudah sesuai data input dapodik:
Panduan Verval NISN Peserta Didik

Panduan dari PDSP Sebagai Berikut
Download Panduan Verval NISN Terbaru disini
Berikut yang perlu diperhatikan dan catatan dalam melakukan Validasi NISN Data Peserta Didik

Pencarian data peserta didik dilakukan menggunakan 6 (enam) pendekatan sehingga operator sekolah bisa melakukan pencarian dengan meng-klik tombol Search Next sebanyak 6 kali untuk menemukan data yang sama antara data PDSP dengan data DAPODIK.
Jika telah dilakukan 6 kali pencarian namun tidak ditemukan data yang sama maka operator dapat meng-klik pada tombol Not Match. Operator sekolah harus benar-benar yakin bahwa tidak ditemukan kesamaan/kemiripin data setelah dilakukan pencarian data sebanyak 6 kali.

Perubahan data DAPODIK dilakukan melalui aplikasi DAPODIK. Data yang sudah diubah harus dilakukan sinkronisasi supaya data tersebut bisa masuk ke database PDSP. Perubahan data yang telah dilakukan dan telah di sinkronisasi akan bisa terlihat di verval peserta didik dalam waktu 1- 2 jam      (maksimal 24 jam).
Biar lebih mudahnya silahkan Download VERVAL PD Sekolah yang disempurnakan PDSP Kemdikbud pada link dibawah ini
Download Panduan Verval PD/NISN


Jika berminat baca juga ini Standar Pengkodean NISN dari Hasil TOT Dapodikdas

Rabu, 21 Mei 2014

Cara Penggunaan Login Aplikasi NISN Menu Residu

NISN atau nomor induk siswa Nasional telah muncul di  Verifikasi dan Validasi Peserta didik milik PDSP.

Namun tahukah kawan aturan main atau cara penggunaannya pada login
NISN yang ada di link Verifikasi dan Validasi jangan dimasukkan ke Aplikasi Dapodikdas dulu karena sejatinya proses penomoran NISN pada tahap sync masuk langsung ke aplikasi.


Cara Penggunaan/Aturan main di link Verifikasi dan Validasi Peserta Didik
Login gunakan user name dan Password Aplikasi Dapodikdas 
Buka menu "Residu"residu bisa diartikan data gamang atau ragu akan kebenarannya maka kita harus sesuaikan dalam kalimat macth dan not macth
Verifikasi dan Validasi data Peserta Didik NISN


Klik nama Siswa.
Kemudian cocokkan data dari Dapodikdas pada bagian daftar atas.
data yang tersimpan pada server NISN PDSP bagian bawah, 
Jika cocok atau Sesuai  dan lakukan Klik "Match", dan jika tidak cocok klik "Not Match", -bagian atas --> 
Cara Penggunaan lLogin Aplikasi NISN Verifikasi dan Validasi Peserta Didik Menu Residu
Jika pun terjadi tak ada data di server PDSP namun ada di entri dapodikdas ada  maka jika cocok, dan tak ada data pembanding maka klik not macth hingga data menghilang di tabel
serta lihat pada menu Referensi data yang menghilang di residu akan muncul,
NISN Kelas 1 bukan hilang atau tak muncul, namun perlu kepastian untuk memunculkannya...mohon koreksi pada menu Residu sebab data akan kembali pada penjelasan diatas..

Cara Penggunaan LLogin Aplikasi NISN Verifikasi dan Validasi Peserta Didik Menu Residu
jika ada yang salah  perbaiki lakukan sync seperti biasa. tunggulah proses perbaikan data kita.

 untuk yang mau cek login
Cara Cek NISN Hasil  Sinkronisasi Dapodik/login
Panduan Menu NISN Verval
Aplikasi VERVAL PESERTA DIDIK ini terdiri dari beberapa kolom aplikasi yang memiliki fungsi yang berbeda, yaitu HOME, REFERENSI, RESIDU, dan SYSTEM.
  1. Kolom HOME : menampilkan informasi tentang aktifitas verbal peserta didik se Indonesia yang dilakukan oleh OPS dan ditampilkan dalam bentuk diagram
  2. Kolom REFERENSI : menampilkan daftar peserta didik yang telah memiliki data Peserta Didik dan NISN yang dikategorikan telah VALID antara data peserta didik yang ada di server DAPODIKDAS dengan data peserta didik yang ada di server PDSP.
  3. Kolom RESIDU : menampilkan daftar peserta didik yang telah memiliki data NISN Peserta Didik yang memerlukan proses verifikasi dan validasi peserta didik karena data peserta didik tersebut berbeda antara data peserta didik yang ada di server DAPODIKDAS dengan data peserta didik yang ada di server PDSP sehingga dibutuhkan tindakan verifikasi dan validasi dari OPS sekolah yang bersangkutan. Untuk melakukan proses verifikasi dan validasi data peserta didik ini, pada kolom RESIDU telah disiapkan 2 tombol verifikasi, yaitu tombol MACTH (untuk data yg sudah sesuai dengan data di DAPODIKDAS dan telah memiliki NISN namun PD tersebut mengalami perbuhan data sehingga berbeda dgn data yg ada di server PDSP) dan tombol NOT MACTH (untuk PD yang belum memiliki NISN)
  4. Kolom SYSTEM : kolom ini memiliki tombol logout yang digunakan ketika penggunakan aplikasi ini akan keluar
  5. Silahkan unduh absen di aplikasi dapodikdas sebagai data pembanding

Cara Lihat NISN Dari Hasil Sync Dapodik

Pada Verval Peserta didik milik pusat data statistik  pendidikan telah diyakinkan berubah alamat akan di generate nya NISN  siswa oleh PDSP setelah operator sekolah melakukan sync.

Hasil NISN siswa sekolah pun sebagian sudah muncul pada 4 menu Verval peserta didik.
Home, Referensi, Residu dan Sistem,
 akan muncul hasil NISN beserta data diri Peserta didik jika kita melakukan klik pada Referensi, home menampilkan progress harian,
Residu menujukkan dan NISN siswa sebelumnya dan sistem tak lebih disitu kita bisa melakukan logout,

Tampilan jika kita klik Referensi
Cara Lihat NISN Hasil Sync Dapodik di Verifikasi dan Validasi Peserta Didik


Monggo yang mau ngecek NISN masing masing Sekolah
klik LINK  BARU Verifikasi dan validasi Peserta Didik
LINK LAMA VERVAL NISN
usename n pasword na sama dengan dapodik.

Semoga sudah bermunculan NISN siswa kita.

Selasa, 20 Mei 2014

Kita Berbicara Tabalong

Pada hari ketiga Ujian Sekolah/ Madrasah (US/MI) di Rayon 1 Jaro yang bertempat di salah satu SD inti Kecamatan Jaro SD Negeri 1 Solan berjalan lancar 77 peserta mengikuti ujian sekolah di wilayah Rayon 1 Jaro yang terdiri dari SD Negeri 1 Solan, SD Negeri 3 Solan, SD Negeri Lano, serta SD Negeri 2 Garagata

Dari pantauan KKG Rayon 1 Jaro pukul 09.00, di SD Negeri 1 Solan yang berada di  Jln.Ir. P.H.M. Noor puluhan siswa tersebut mengikuti ujian mata pelajar IPA sebanyak 40 soal, mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 10.00.

"Hari ini US/M yang ketiga, sebelumnya Matematika dan Bahasa, soal terdiri dari 40 soal ganda, sedang Bahasa hanya terdiri 50 soal," ujar Kepala SD Negeri 1 Solan, Rahmadiansyah,S.Pd, Rabu (21/05/2014).

Kasek yang ramah ini juga menambahkan, usai US/M, peserta ujian akan mengikuti ujian Sekolah, yang akan dilanjutkanhari Kamis (22/5/2014), dalam ujian tersebut peserta ujian tidak lagi di awas oleh guru lain.
"Selama 3 hari peserta US, mengikut empat mata pelajaran, hari Kamis Agama, Jumat PKN, dan yang terakhir hari Sabtu IPS dan Mulok, semua mata pelajaran  terdiri dari 50 soal, khusus mata pelajaran tersebut diawas oleh guru Internal" tutup Kepala Sekolah yang akrab disapa big bos ini.

Kita Berbicara Tabalong


Berkaitan dengan Ujian Sekolah Ahlul Jannah,M.Si Dikdas Kasi Sarana Prasarana  Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong melakukan kunjungan kerja dalam bentuk monitoring Pelaksanaan Ujian Sekolah ke wilayah Rayon 1 Jaro.

Pada pembicaraan beliau hampir tak banyak komentar menyangkut Pelaksanaan Ujian Sekolah.
"Saya senang semua berjalan lancar, tentu tak banyak hal yang kami harus bicarakan karena pada proses dilapangan, nampak sekolah penyelenggara sudah sangat berpengalaman dan ini pun kami sudah lihat secara seksama pada proses maupun tata administrasinya tentunya ini suatu sinergisitas dari berbagai elemen, baik Guru,Kasek atau Pengawas, saya hanya ucapkan selamat atas kesuksesannya semoga sekolah lain bisa menjadikan contoh" Ujarnya.

Dia menambahkan dihadapan para Kepala Sekolah, selaku tugasnya untuk sarana prasarana pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong.
Ada beberapa sekolah diwilayah ini yang kami identifikasi layak diberikan bantuan baik itu pagar sekolah, WC siswa,guru dsb
"Terus terang kita berbicara Kabupaten Tabalong, daerah ini paling ujung Kalimantan Selatan, tentunya siapapun tak ingin keadaan sekolahnya kurang baik".

Lanjutnya lagi, anggaran kita ada alokasinya pun ada tentunya ada skala prioritas namun melihat kondisi tersebut beliau memberikan solusi karena nampak banyaknya sekolah yang tak memberitahukan maupun memberikan usulan berupa proposal.
"beberapa sekolah yang kami identifikasi tersebut akan kami masukkan nama-nama sekolah tersebut, hanya saja setelah kami masukkan tentunya ada dasar sangat kami harapkan untuk proposal pengajuan bantuannya, ini demi kebaikan kita bersama untuk pendidikan yang lebih baik di bumi Sarabakawa ini" tegasnya.

Kehadiran Kasi Sarana prasarana tersebut juga didampingi Kepala UPT.Inspeksi Pendidikan Kecamatan Muara Uya, Drs.Rairiza dan Ahmad Sapawi,S.Pd Pengawas yang konsisten secara langsung memantau pelaksanaan Ujian Sekolah SD/MI wilayah Rayon 1 Jaro.

Permasalahan Dan Solusi Pelaporan BOS Online

Mesti kemana jika ingin bertanya, beri saran atau sampaikan keluhan mengenai BOS?
Tentu saja bisa sampaikan pada Kepala Sekolah, atau Komite Sekolah atau Dinas Pendidikan setempat.
Selain itu Kemdikbud telah sediakan Layanan Masyarakat - BOS, Anda bisa sampaikan secara online di http://bos.kemdikbud.go.id/pengaduan/ atau kirim SMS ke 1771 dengan format ketik: BOS [Nama Sekolah]#[Provinsi/Kabupaten/Kota/Kecamatan]#[Isi Pesan].


Mengapa bisa terjadi dana BOS yg diterima Sekolah kurang dan tidak sesuai dengan jumlah siswa?
Apabila jumlah dana BOS kurang, dan tidak sesuai dengan jumlah aktual siswa, maka Sekolah segera melaporkan kepada Tim Manajemen BOS Kabupaten/Kota untuk dilakukan perbaikan data sehingga dapat ditambahkan kekurangan dana BOS pada penyaluran tahap berikutnya.
Permasalahan Dan Solusi Pelaporan BOS Online


Kurangnya jumlah dana BOS yang diterima Sekolah, antara lain disebabkan :

1. Data jumlah siswa yang di SK kan oleh Tim Manajemen BOS Kab/Kota tidak akurat/tidak di update


2. Alokasi dana BOS yang yang tertuang dalam DIPA Provinsi jumlahnya kurang dan tidak sesuai dengan jumlah data Sekolah sehingga Tim Manajemen BOS Provinsi mengalokasikan jumlah dana yang kurang tersebut untuk semua Sekolah.


3. Ada kesalahan input data Sekolah di tingkat Kabupaten/Kota, atau input data di tingkat Provinsi.

walau kedepan akan ada pada proses pengelolaan data pokok pendidikan.

Karena banyaknya pertanyaan mengenai pelaporan online, berikut di re-posting yg pernah tayang.

Dalam REGRISTRASI dan PASSWORD pada pelaporan on-line BOS, jika terjadi masalah sekolah-sekolah diharapkan menghubungi ke Dinas Pendidikan setempat.


Jika masih terkendala (Sekolah atau Dinas) silahkan email
Kalau tidak berhasil dengan username dan password tsb, kirim email ke : pelaporan.bos@gmail.com, dengan menyebutkan:
a. Nama dan alamat sekolah secara lengkap
b. Kode/Nomor Registrasi dari Dapodik
c. Permasalahan loginnya.
 

dengan menyebutkan NSPN atau coba ke telepon bebas pulsa (Pusat SD) 08001401276 dan (Pusat SMP) 08001401299. 
 

Senin, 19 Mei 2014

Fitur Baru Layanan Padamu Negeri 20 Mei 2014

Kepada Pengguna Yth.
Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei 2014, Layanan PADAMU NEGERI merilis 3 (tiga) fitur baru, yaitu:
1. Fitur Upload Foto Diri PTK.
PTK dapat menambah profil foto diri masing-masing sebagai persiapan untuk Kartu Digital PTK. Silakan login dengan akun PTK personal untuk unggah foto dirinya.
2. Fitur Pencarian dan Portofolio PTK pada SIAP PTK Mobile.
PTK yang menggunakan perangkat mobile OS Android, dapat menginstal aplikasi SIAP PTK Mobile di
https://play.google.com/store/apps/details?id=id.siap.ptk
http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/padamu
3. Fitur Unduh Data PTK tingkat Dinas Pendidikan Kab/Kota dan LPMP Provinsi.
Unduh data PTK yang tersedia dalam format xls ditujukan untuk kebutuhan analisa data di wilayah Dinas Pendidikan Kab/Kota dan LPMP masing-masing. Silakan login menggunakan akun anggota Admin Dinas/LPMP.
Fitur Baru Layanan Padamu Negeri 20 Mei 2014

AKUN EMAIL ALTERNATIF PTK
Kami sangat menghimbau kepada seluruh PTK agar mendaftarkan email pribadi masing-masing sebagai alternatif akun NUPTK/PegIDnya. Dengan email pribadi akan mempermudah mengingat userID dan mempermudah proses pemulihan password melalui fasilitas lupa password. Panduan menambah email alternatif dapat diakses di:
http://bantuan.siap-online.com/produk/komunitas?search=cat-siap-akun
MENAMBAH AKUN ANGGOTA ADMIN SEKOLAH
Sesuai kebijakan akun mulai 21 April 2013 lalu, bahwa Akun Institusi Sekolah (NPSN@siap.id) hanya diberi hak akses Kelola Akun. Untuk itu kami himbau agar menambah akun anggota admin di sekolah masing-masing. Panduan menambah akun anggota admin sekolah dapat dipelajari di:
http://bantuan.siap-online.com/2014/04/penambahan-akun-admin-sekolah.html
Semoga Layanan SIAP PADAMU NEGERI dapat memberi banyak manfaat bagi masyarakat pendidikan Indonesia.
Salam PADAMU NEGERI INDONESIAku,

Sabtu, 17 Mei 2014

Cara Usul Tambah Data Kelulusan dan Kode Bidang Studi Sertifikasi

UNTUK TERTIB ADMINISTRASI DAN MEMPERMUDAH PADA SAAT PEMERIKSAAN MAKA UNTUK AJUAN TAMBAH DATA KELULUSAN DAN USULAN PERUBAHAN KODE BIDANG STUDI, MAKA
MEKANISME AJUAN TAMBAH DATA KELULUSAN
Info Nazarudin Kompetan P2TK Dikdas 


Persyaratan berkas yang wajib dilengkapi :
1. Foto Copy Sertifikat Pendidik
2. Foto Copy Lembar Pengesahan NRG dari BPSDM
3. Foto Copy Lembar Pengesahan NUPTK
4. Surat Pemberhentian Pembayaran (Bagi Guru Mutasi dari Kemenag)
Metode pengiriman :
1. Isi pada Insert Data Kelulusan pada aplikasi Tunjangan Profesi
2. Isi formulir Ajuan tambah data kelulusan
3. Scan berkas yang di wajibkan
4. Persyaratan Point 2 dan 3 masukan dalam 1 Folder lalu di beri nama folder [namaptk_nuptk], lalu di compress/rar/zip
5. Email point 4 (Metode Pengiriman) ke profesi.dikdas@gmail.com
Usulan Perubahan Data Kelulusan dan kode bidang studi sertifikasi

===================================
MEKANISME PERUBAHAN KODE BIDANG STUDI
Lihat Kode Bidang Studi Sertifikasi , apa milik Bapak Ibu sudah cocok dengan mapel yang daimpu saat ini
Persyaratan berkas yang wajib dilengkapi :
1. Foto Copy Sertifikat Pendidik
2. Foto Copy Lembar Pengesahan NRG dari BPSDM
3. Foto Copy Lembar Pengesahan NUPTK
4. Surat Keterangan Revisi Kode Mata Pelajaran dari pihak LPTK (Legalisir)
5. Foto Copy Formulir A1 (Pendaftaran Peserta Sertifikasi)
6. Foto Copy RPP Pada saat pemberkasan peserta sertifikasi
Metode pengiriman :
1. Usulkan perubahan kode Bidang Studi pada aplikasi Tunjangan Profesi
2. Isi formulir perubahan kode bidang studi
3. Scan berkas yang di wajibkan
4. Persyaratan Point 2, 3, 4, 5 dan 6 masukan dalam 1 Folder lalu di beri nama folder [namaptk_nuptk], lalu di compress/rar/zip
5. Email point 4 (Metode Pengiriman) ke profesi.dikdas@gmail.com

Mengapa Nama PD dan PTK Dikunci Ini Jawabnya

Asal Mula mengapa nama dan tanggal lahir di kunci pada versi 2.0.7.
Banyak OPS yang mempertanyakan mengapa ada versi 207 nama dan tanggal lahir PTK dan PD dikunci.
Ada beberapa hal yang mungkin kurang diketahui kita semua bahwa penguncian nama dan tanggal lahir. pada postingan yang telah lalu kami telah sampaikan cara benar memperbaiki nama dan tanggal lahir/ttl yang salah pada Dapodikdas 207

Mengapa harus demikian perlu diketahui hal ini dikarenakan bahwa ID pada setiap PD maupun PTK tidak reuse/dipergunakan lagi dengan data lain.

Contoh:
ada PD A mempunyai ID 123, namun PD A ini sudah keluar dari sekolah entah lulus, keluar, wafat, dsb. Tapi oleh OPS, PD A ini tidak dikeluarkan melalui tombol "Registrasi", namun record tsb di ganti oleh data PD B.
Memang dari aplikasi terlihat tidak masalah, namun ini masalah karna ID 123 sudah digunakan oleh PD A dan sekarang digunakan oleh PD B. Ini yang jadi fatal. Sehingga dari pihak PDSP untuk mengunci nama dan tanggal lahir. 
Akibat dari permasalahan ini adalah permasalahan pada penertiban NISN, dikarenakan ID 123 ada 2 record yang berbeda.
Jadi jika ada perubahan nama dan tanggal lahir lebih baik hapus record dan input ulang.

Alasan Mengapa Nama PD dan PTK dikunci


Begitu pula dengan PTK Info Nama dan TTL dikunci pada dapodik 207, Pada sistem database, mesin membaca sebuah data bukan berdasarkan teks, melainkan kode primary key yang dinamakan Global Unique Identifier (GUID). Cara kerjanya berbeda dengan manusia yang mengidentifikasi pemilik data melalui nama. Sehingga, ketika operator mengubah sebuah identitas, mesin tak ‘mengakuinya’ dan tetap mengidentifikasi pemilik identitas baru sebagai identitas lama. Pengubahan identitas tersebut mengakibatkan inkonsistensi data terekam di sistem database.
“Selama mesin membolehkan manusia melakukan pengubahan, mereka melakukannya. Apalagi aplikasi itu digunakan secara massal.


Misalnya ada guru yang dimutasi, operator tinggal menempatkannya pada isian PTK Keluar. Operator malah melakukan kesalahan yakni mengganti identitas guru yang mutasi dengan identitas guru yang baru masuk.
“Mungkin karena ketidakpahaman mereka,” ucap Yusuf Rokhmat, M.T., staf Sub Bagian Data dan Informasi Bagian Perencanaan dan Penganggaran, Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar

Jumat, 16 Mei 2014

Solusi Gaji Pokok SKTP Tidak Sesuai

Pada tahapan entry data dapodikdas memang tak menutup kemungkinan ada hal-hal yang operator salah input dalam pengisiannya terutama pangkat dan riwayat kenaikan gaji berkala.
Hal ini bukanlah masalah baru, karena patokkan hanya validnya info ptk kebanyakan para operator kurang mengerti bahwa gaji pokok si PTK ternyata tidak sesuai walau sktp yang digadang-gadang sudah terbit, hasilnya pun tentunya kurang nyaman bagi si PTK yang menerima tunjangan profesi efeknya, yah bermacam-macam.

Berikut Penjelasan dari Admin P2TK Dikdas menyangkut gaji pokok yang tak sesuai pada sk tunjangan profesi, disertakan cara perbaikan gaji pokok yang tak sesuai SKTP
SKTP Gaji Pokok tak Sesuai


PROSEDUR PERBAIKAN NOMINAL GAJI POKOK PADA SKTP
pembayarannya melalui Pusat (ex Dekon)

1. PTK yang bersangkutan (Guru non-PNS/Guru SLB/Pengawas Dekon) melapor ke dinas pendidikan kab/kota dengan membawa berkas yang diperlukan diantaranya:
a. Photocopy SK Inpassing (untuk non_PNS yang telah Inpassing) yang telah dilegalisir oleh Biro kepegawaian Kemdikbud RI atau Dinas Pendidikan setempat dengan memperlihatkan SK Inpassing aslinya.
b. Photocopy SK KGB (Kenaikan Gaji Berkala) per-Desember 2012 (untuk PNS)
c. Photocopy sertifkat pendidik
d. Kartu NUPTK/NRG
e. dll yang dibutuhkan

2. Operator tunjangan dinas pendidikan kab/kota melakukan pengentrian usulan perbaikan nominal Gaji Pokok tunjangan profesi melalui aplikasi tunjangan P2TK DIKDAS yang akan dibuka awal Juni 2014. Oleh karena itu, diharapkan kepada seluruh pengelola kab/kota untuk menerima usulan dan berkas perbaikan tersebut baik PNS maupun non-PNS tanpa terkecuali serta mengentri perbaikan data melalui aplikasi sesuai jadwal. Pusat tidak melayani usulan perbaikan secara perorangan/individu.

3. Pusat akan melakukan verifikasi usulan perbaikan tersebut.
4.Jika usulan diterima, maka besaran gaji pokok untuk pembayaran di triwulan berikutnya akan disesuaikan berikut dengan kekurangan pembayaran triwulan sebelumnya (rapel).

5. Hasil verifikasi akan dapat dilihat di lembar info sehingga para guru tidak perlu datang ke pusat untuk pengecekan.

Jika pada hal lain misal masalah JJM dan NUPTK baca  cara mengatasi masalah NUPTK dan cara mengatasi masalah JJM