Selasa, 21 Januari 2014

Solusi Permasalahan NUPTK Pada SK Tunjangan Profesi



Menyangkut Permasalahan SK Tunjangan Profesi pada lembar Cek Info Data guru, dari hasil Pengolahan data Dapodikdas, tentunya dikemudian hari berbagai persoalan bisa saja kita dapati, namun sebelumnya, mari kita bahas sedikit demi sedikit terutama masalah NUPTK dari pengalaman yang telaha lalu seperti hal berikut :


Sudah Update data di Dapodikdas namun tak Bisa Login untuk Cek Info PTK ?


Penyebab:
1    - Belum Memiliki NUPTK atau tidak Menginput NUPTK Pada Dapodik
2    - NUPTK atau tanggal lahir yang diisi pada lembar Info tidak sama dengan yang di input di Dapodik
3    - Data belum masuk ke database P2TK Jika Status kirim sudah Berhasil Proses.
4    - Format Tanggal sync berubah karena Settingan Laptop dan Komputer tidak sesuai.


   Solusi
1   - Periksa kembali NUPTK dan tanggal lahir pada Dapodik pastikan sudah benar
2   - Pastikan sync dapodikdas sudah berhasil diproses melalui info manajemen pendataan
3   - Coba kombinasi Pasword YYMMDD dan YYDDMM (tahun bulan tanggal)



Sudah Update data di Dapodik dan sync sukses namun data perubahan Belum muncul di lembar cek Info ?

        Penyebab
1.       Tahapan Pemrosesan data belum selesai
2.       Proses Import data ke Server Dapodik Gagal
3.       Belum sinkronnya antara server Dapodik dan Server P2TK


        Solusi
1.       Baca Penjelasan tentang sinkronisasi berhasil Dapodikdas
2.       Pastikan data sudah berhasil diproses melalui manajemen pendataan Dapodikdas
3.       Cek Kembali 2-3 hari kemudian.

NUPTKTidak Valid Pada Lembar Info ?
       Penyebab
1         -Nama Pada Database NUPTK Berbeda dengan Nama yang di input pada aplikasi Dapodikdas
2         - NUPTK yang di Entri pada Dapodik NUPTK Milik Orang Lain.
Solusi
1    Pastikan NUPTK Adalah Milik Anda, Referensi NUPTK yang valid bias didapatkan pada Operator Dinas Kab/Kota, NUPTK LPMP atau Pusat.
2    Jika kesalahan Pada NUPTK Perbaiki pada operator NUPTK lewat layanan Padamu Negeri.
3    Jika Kesalahan Pada Dapodik, maka perbaiki pada Operator Dapodik, Sync data dan tunggu hasilnya beberapa hari kemudian.

NUPTK Valid namun data Kelulusan tidak ditemukan ?

Penyebab
1.       NUPTK Pada Dapodik Berbeda dengan data cek kelulusan (CEK SKTP Tahun Lalu)
2.       NUPTK didata Kelulusan menggunakan NUPTK sementara (9999/9000/9898)
3.       Mutasi antar kementrian (diluar Kemdikbud)
4.       Mutasi Antar Jenjang antar Luar Dikdas
 Solusi.
1       Perbaiki NUPTK Kelulusan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kota
2       Jika Mutasi dari Luar Dikdas atau Luar Kemdikbud, harus diinput kelulusannya oleh operator       tunjangan Dinas Pendidikan Setempat, Pusat akan melakukan Verifikasi dari kelulusan tersebut sebelum menerbitkan SKTP bagi PTK tersebut, bawalah dan lengkapi berkas sebagai berikut ;
a.       SK Mutasi
b.      Sertifikat Sertifikasi yang sudah dilegalisir
c.       Foto copy kartu NUPTK/NRG
d.      Dan Berkas Pendukung lain. 

 NUPTK Valid namun data Kelulusan Milik Orang lain ?
 Penyebab
 NUPTK dipakai Orang lain
Solusi
1    -Segera Laporkan Ke Dinas setempat dengan membawa bukti NUPTK tersebut milik Anda.
2   -Operator dinas akan mengusulkan perbaikan data Kelulusan orang lain yang menggunakan NUPTK milik anda melalui aplikasi tunjangan, dan memerlukan proses beberapa hari.
3   -Jika Anda belum memiliki NRG usulkan juga agar anda memilikinya lewat operator Dinas Pendidikan Setempat.

5 komentar

  1. Mas Deni suatu kehormatan bagi saya mau gabung dengan blog kecil saya, banyak informasi berguna yang saya dapat dari blog bapak yang bisa saya bagikan ke teman OPS yang lain itupun seijin mas Deni, saya baru belajar ngeblog karena saya berfikir banyak informasi yang bisa dapatkan dimana saja dan kapan saja,masih banyak kekurangan di blog saya buatanya saja baru dua bulan yang lalu.

    BalasHapus
  2. Saya senang jika mau copas dan link-link saya juga ditampilkan sebagai sumbernya..

    BalasHapus
  3. Mas deni saya mendapat masalah dengan NUPTK saya
    saya sudah input didapodik NUPTK saya dengan Benar serta tanggal lahir benar karena saya OPS. nah ketika saya mau cek ke Lembar DIKdas selalu tidak bisa user dan pasword tidak valid.
    saya bingung kesalahannya pada apa?
    mohon di beri pencerahan

    BalasHapus
  4. Mas Deni saya Fariz Pratama OPS SMP PGRI 1 Gunung Pelindung Lampung
    saya menemui masalah ketika saya mengecek pada dikdas selalu terkendala pada user dan pasword tidak valid
    padahal saya sudah mengecek dengan benar input nuptk dan tanggal lahir saya
    dipadamu negeri juga sudah atas nama saya
    nuptk terbit sektar april 2012

    mohon pencerahan kesalahan kira kia ada dimana dan s\saya harus bagaimana terlebih dahulu
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cocok database NUPTK Di P2TK Terakhir tahun 2011 artinya tahun 2012 keatas tidak ada database nya, bisa di baca pnjelasan berikut; kalau nuptk keluaran padamu negeri tidak terintegrasi...
      http://kkgjaro.blogspot.com/2014/03/dapodik-dan-padamu-negeri-tidak.html

      Hapus

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, dan kami mohon maaf apabila komentarnya tidak kami setujui atau bahkan kami hapus
EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.