Rabu, 12 Juni 2013

Passing Grade Kelulusan CPNS 2013 Tetap Diberlalukan

Passing Grade CPNS – Seperti pada penerimaan CPNS tahun lalu, untuk tes CPNS tahun 2013 nanti akan tetap diberlakukan sistem passing grade kelulusan tes CPNS. Passing Grade kelulusan CPNS ini diberlakukan dengan tujuan menjaring CPNS yang lebih produktif dalam melayani masyarakat. Aparatur negara seyogyanya memiliki power culture sebagai bentuk dedikasinya menjadi abdi negara. Persoalan integritas ini akan diketatkan pada rekrutmen CPNS TA 2013. Rencana pengangkatan CPNS TA 2013 ini selain memiliki power culture, juga harus memenuhi syarat passing grade
Asisten Deputi Kesejahteraan SDM Aparatur Salman mengatakan, perlu adanya perbaikan pada sistem seleksi untuk mendapatkan SDM Aparatur yang berkualitas.


“Perekrutan ditujukan untuk memilih sarjana terbaik dari universitas terbaik,” ujarnya saat menghadiri rapat koordinasi kebijakan bidang SDM Aparatur di Medan (15/05). “Kualitas SDM menentukan maju tidaknya suatu bangsa,” tambahnya dikutip dari situs kemenpan RB (18/5).
Apa itu Passing Grade kelulusan CPNS?
Passing grade kelulusan CPNS adalah nilai ambang batas yang harus dipenuhi peserta tes CPNS agar bisa lulus. Jika nilai passing grade tidak dapat dipenuhi maka walaupun formasi yang tersedia masih banyak yang kosong tidak akan diterima menjadi CPNS. Misalnya nilai passing grade CPNS adalah 6, maka peserta ujian harus bisa memperoleh nilai 6 atau lebih. Seandainya ada formasi CPNS yang kosong sebanyak 700 formasi dengan pelamar 1.000 orang, ternyata setelah ujian dilaksanakan yang memperoleh nilai 6 atau lebih hanya 10 orang, maka yang yang dinyatakan lulus CPNS hanya ke 10 orang yang memperoleh nilai memenuhi passing grade kelulusan tersebut.
Bagaimana Passing grade kelulusan CPNS tahun 2013 saat ini belum ditetapkan pemerintah pusat. Untuk tes CPNS honorer K2 penetapan nilai passing grade tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB) rencananya akan ditetapkan pada bulan September nanti.
Sebagai perbandingan, pada ujian CPNS tahun 2012 yang lalu berikut ini Passing Grade (Nilai Ambang Batas Minimal) kelulusan Tes Komptensi Dasar (TKD):
No
Tingkat Pendidikan
Nilai
ambang batas (Passing Grade)
Keterangan
1
SLTA/Sederajat
25
5
5
50 jawaban benar dari 100 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
10 jawaban benar dari 50 soal Tes Intelegensia Umum (TIU)
10 jawaban benar dari 50 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
2
DII/DIII/Sederajat
27,5
7,5
7,5
55 jawaban benar dari 100 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
15 jawaban benar dari 50 soal Tes Intelegensia Umum (TIU)
15 jawaban benar dari 50 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
3
SI/DIV, S2, S3 sederajat
30
15
10
60 jawaban benar dari 100 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
30 jawaban benar dari 50 soal Test Intelegensia Umum (TIU)
20 jawaban benar dari 50 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
Bagi calon pelamar CPNS 2013 diharapkan melakukan persiapan yang matang untuk menghadapi ujian CPNS 2013 nanti. Karena seperti tahun 2012 yang lalu yang terbukti sukses, penerimaan CPNS 2013 akan dilakukan dengan murni dan trasparan dimana sepenuhnya ditangani pemerintah pusat bekerjasama dengan konsorsium perguruan tinggi.
Jadi jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah dengan belajar dan melakukan persiapan mantap.

0 Comments

Posting Komentar

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, dan kami mohon maaf apabila komentarnya tidak kami setujui atau bahkan kami hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.