Rabu, 03 Januari 2018

Unduh RPP Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi

RPP Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi pada SDMI Kelas II Semester Dua beberapa kompetensi dasar nya mengalami sedikit perubahan pada k13 revisi ini, namun pada tema mash sama memiliki 4 tema dan subtema serta enam pembelajaran, Rencana pelaksanaan pembelajaran ini kami bagikan untuk rekan guru dalam administrasi sekolah yang terbaru untuk menyikapi banyak nya permintaan untuk  RPP Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi.
RPP Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi

Contoh RPP Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi

A. KOMPETENSI INTI (KI)
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya. 
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga. 
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

E. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ayo Mengamati
Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti melakukan olahraga (mengamati).
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
Apa yang dilakukan Siti bersama teman?
Gerakan apa yang dilakukan Siti?
Pertanyaan-pertanyaan tersebut
mengarahkan pemahaman tentang
kegiatan olahraga Siti di tempat bermain bersama teman-teman.
Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
Kegiatan ini melatih siswa untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
Siswa diminta menulis pertanyaan, kemudian siswa menempel 

KEGIATAN PEMBELAJARAN
Ayo Mengamati
Guru membimbing siswa untuk mengamati gambar Siti melakukan olahraga (mengamati).
Guru memberikan pertanyaan-pertanyaan untuk mengecek pemahaman siswa.
Apa yang dilakukan Siti bersama teman?
Gerakan apa yang dilakukan Siti?
Pertanyaan-pertanyaan tersebut
mengarahkan pemahaman tentang
kegiatan olahraga Siti di tempat bermain bersama teman-teman.
Guru membimbing siswa untuk mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatannya.
Kegiatan ini melatih siswa untuk menumbuhkan rasa ingin tahu mereka.
Siswa diminta menulis pertanyaan, kemudian siswa menempel pertanyaannya atau disampaikan kepada yang lain.
Guru mencatat pertanyaan-pertanyaan siswa dan membahasnya secara klasikal.
Ayo Mencoba
Siswa melakukan gerakan melempar dan menangkap bola.
Siswa melakukan permainan push ball.
Alternatif Pembelajaran
1. Alternatif 1: Guru memberikan contoh gerakan melempar dan
b) menangkap bola, kemudian diikuti siswa satu persatu.
1. Alternatif 2: Siswa berpasangan. Siswa 1 melakukan gerakan
c) melempar. Siswa 2 melakukan gerakan menangkap. Di akhir
d) pembelajaran, guru menguji gerakan masing-masing siswa.
a. Setelah semua siswa dapat melakukan gerakan melempar dan
e) menangkap bola dengan benar, siswa melakukan permainan push ball.
Ayo Mengamati
Siswa mencari informasi tentang tinggi badan teman-temannya di kelas.
Guru membimbing siswa membuat tabel pengamatan tinggi badan siswa di kelas
Ayo Mencoba
Guru membagi siswa dalam beberapa kelompok putra dan putri.
Kelompok putra dibagi lagi menjadi dua, yaitu kelompok A dan kelompok B.
Kelompok putri dibagi lagi menjadi dua, yaitu kelompok A dan kelompok B.
Cara membagi kelompok A dan B.
Siswa mencari pasangannya laki-laki dengan laki-laki, perempuan dengan perempuan yang memiliki tinggi sama.
Siswa yang memiliki tinggi sama berpisah kelompok, satu di kelompok A satunya di kelompok B.
Ayo Berdiskusi
Guru membimbing siswa berdiskusi menentukan sikap terhadap teman yang memiliki tinggi badan berbeda.
Guru menanamkan sikap toleransi terhadap teman yang memiliki
perbedaan tinggi badan.
Sikap-sikap yang ditulis siswa dalam buku masing-masing dibahas di kelas.
Guru mengoreksi kebenaran hasil pemikiran siswa.
Guru hendaknya memberi contoh-contoh tambahan mengenai toleransi.
Ayo Berlatih
Siswa menjawab pertanyaan dengan memberi tanda silang pada jawaban yang benar.
Setelah semua siswa selesai mengerjakan, guru dapat membahas jawaban siswa.
1. . Kucing: “Di mana kita bisa mendapatkan ikan asin?”

Download RPP Kelas 2 SD Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi


0 Comments

Posting Komentar

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, dan kami mohon maaf apabila komentarnya tidak kami setujui atau bahkan kami hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.