Jumat, 24 November 2017

Kisi-Kisi Pretest PPG Bagi Guru SD Uji Kompetensi Pengetahuan

Kisi-Kisi Pretest PPG Bagi Guru SD
Pretest bagi peserta pendidikan profesi guru atau PPG baik dalam jabatan atau PPGJ maupun PPG pada mahasiswa yang ingin mengikuti perkuliahan PPG guru pada fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, kisi kisi ini juga bisa menjadi pembanding pada kisi-kisi soal pretest PPGJ, bahwa apa yang diujikan pada kompetensi pengetahuan PPG tak menutup kemungkinan juga pada PPGJ.

Kisi Kisi Pretest PPG Bagi Guru SD 

Capaian Pembelajaran
Teori aplikasi pedagogis (pedagogical content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran bidang studi yang mendidik;


Kisi-Kisi Pretest PPGJ 2018 Semua Mata Pelajaran

Indikator Esensial

  • Menganalisis  bahan ajar berupa masalah matematika untuk pembelajaran dengan pendekatan berbasis konstruktivisme 
  • Menganalisis karakteristik  suatu kasus pembelajaran matematika 
  • Menyusun soal yang mengukur kemampuan berpikir matematik tingkat tinggi
Capaian Pembelajaran

Mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat   hitung, dan piranti lunak computer
Indikator Esensial
Menjelaskan penggunaan alat peraga untuk menemukan konsep matematika SD

Capaian Pembelajaran
Menguasai teori aplikasi pedagogik (techno-pedagogical content knowledge (TPACK) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, model dan prinsipprinsip pembelajaran IPA yang bersifat mendidik.

Indikator Esensial
Disajikan kasus, peserta diminta menentukan model pembelajaran atau pengelolaan kelas atau penggunaan media dalam membelajarkan IPA

Capaian Pembelajaran
Menilai dan mengevaluasi pembelajaran meliputi: 1) melaksanakan penilaian otentikholistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan; dan 2) menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

Indikator Esensial
Membuat rubrik untuk menilai praktikum IPA Membuat soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi materi IPA

Capaian Pembelajaran 
Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah penelitian ilmiah

Indikator Esensial
Disajikan kasus, peserta diminta menentukan rumusan masalah, dan pemecahannya sesuai dengan permasalahan  yang dihadapi di kelas.

0 Comments

Posting Komentar

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, dan kami mohon maaf apabila komentarnya tidak kami setujui atau bahkan kami hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.