Sabtu, 07 Agustus 2021

RPP Belajar dari Rumah Dalam Jaringan Kelas 5 SD


RPP Belajar dari Rumah Dalam Jaringan Kelas 5 SD
, Belajar dari rumah dalam jaringan pastinya memerlukan RPP satu lembar yang sama pada perangkat Merdeka belajar dari rencana pelaksanaan pembelajaran untuk sekolah dasar ini kami bagikan pada kelas 5 bagi rekan guru yang sedang melaksanakan pembelajaran dari rumah belajar dalam jaringan yang menggunakan aplikasi video conference dan sebagainya RPP ini bisa sangat membantu rekan guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien dengan adanya perencanaan yang lebih matang.

Belajar dari rumah pada jenjang Sekolah Dasar juga dilakukan di seluruh Indonesia rumahan kita adalah selain tidak mengertinya perangkat teknologi yang digunakan juga tidak mengetahui bagaimana pembelajaran dari rumah itu dilakukan jika pun kita sudah mengerti dan mengetahui fitur-fitur teknologi yang dapat membantu pembelajaran maka kita memerlukan rencana pelaksanaan pembelajaran yang contohnya akan kami bagikan sebagai berikut 

Contoh RPP Dalam Jaringan 1 Lembar

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca teks, siswa mampu menyebutkan informasi terkaitdengan pertanyaan apa, di mana, kapan, dan siapa. 
2. Dengan menuliskan dalam bentuk peta pikiran, siswa mampumempresentasikan informasi dari teks bacaan terkait dengan pertanyaanapa, di mana, kapan, dan siapa.
3. Dengan mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menemukaninformasi tentang organ-organ pernapasan hewan.
4. Dengan berdiskusi dan mencari informasi dalam kelompok, siswa mampu membuat bagan cara kerja organ pernapasan hewan.

Pendahuluan
1. Guru menyapa siswa melalui aplikasi zoom/ google class room dan memandu siswa untuk mengawali pembelajaran dengan berdoa. (Religius dan Integritas)
2. Guru bertanya apakah hari ini sudah membatu orang tua, beribadah dan berdo’a. (Karakter dan Life Skills).
3. Guru menanyakan dan mendorong kegiatan kesukaan hari ini apa yang akan dilakukan. (Pengalaman belajar dan Variasi Aktivitas)
4. Guru Memberi gambaran tentang manfaat pembelajaran  hari ini. 
5. Guru melakukan share materi ke grup kelas dan memberikan tugas pembelajaran hari ini. 

Baca juga

Kegiatan Inti RPP BDR

A. Alat dan Bahan
Panduan Buku Guru dan Siswa
Video/ slide/ gambar dan materi ajar
Internet
Apliasi chat (WA)
B. Ayo Mengamati
Siswa mengamati  gambar pada buku siswa sebagai pembuka kegiatan pembelajaran dan menceritakan hasil pengamatannya. (Critical Thinking)
C. Ayo Membaca
Siswa membaca bacaan “Dayu dan Ikan Hias” dan bertanya jawab mengenai isi bacaan kemudian siswa mengamati peta pikiran (mind map) pada buku siswa, kemudian menuliskan jawab-an  dari pertanyaan-pertanyaan (Critical Thinking, Analysing)
D. Ayo Menulis
Siswa mencermati kembali teks bacaan “Dayu dan Ikan Hias” kemudian menuliskan pendapatnya mengenai alasan mengapa ikan selalu membuka dan menutup mulutnya. (Creativity and Innovation)
E. Ayo Mengamati
Siswa mencermati teks bacaan pada buku siswa tentang organ pernapasan hewan (cacing tanah, serangga, ikan, hewan amfibi, reptil, burung, dan mamalia). (Critical Thinking, Analysing)
F. Ayo Berkarya
Secara mandiri, siswa membuat bagan cara kerja organ pernapasan salah satu jenis hewan. (KD IPA 3.2 dan 4.2) (Creativity and Innovation, Creating)
G. Mengkomunikasikan
Siswa melakukan tanya jawab dengan guru tentang materi yang telah di pelajari melalui apilkasi yang telah di tentukan.
1. Siswa melaporkan semua latihan dan dokumentasi kegiatan hari ini di buku siswa masing-masing, kemudian melaporkan  ke guru dalam bentuk chat, foto, atau rekaman suara. (Variasi Aktivitas)
2. Siswa diwajibkan melihat video pengetahuan di Youtube.com seperti Discovery Channel, sisi terang dan situs- situs lain yang memberikan pengetahuan dan ketrampilan kemudian merangkum isinya. (Life Skills dan Variasi Aktivitas)
3. Belajar menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
4. Guru melakukan evaluasi dan refleksi hasil belajar siswa hari ini dalam bentuk rangkuman chat, video atau rekaman suara.

0 Comments

Posting Komentar

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, dan kami mohon maaf apabila komentarnya tidak kami setujui atau bahkan kami hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.