Minggu, 08 Agustus 2021

Contoh Soal Survei Karakter Jenjang SD


Assessment nasional itu adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan menjadi asesmen nasional itu adalah program evaluasi atau penilaian yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan disamping AKM juga ada Survei Karakter untuk meningkatkan mutu pendidikan jadi Tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan itu sendiri dengan memotret info proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan 

Kemendikbud itu akan melaksanakan evaluasi yang Tujuannya adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan caranya apa caranya adalah dengan membuat potret membuat gambar terkait dengan input terkait dengan proses dan output pembelajaran dan itu akan dilaksanakan di seluruh satuan pendidikan pelaksanaan siswa nasional itu itu di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Kota juga dengan kantor wilayah dan Kantor Kementerian Agama.

Survei Karakter

Survei Karakter dikerjakan oleh murid untuk mendapatkan informasi hasil belajar sosial emosional Jadi ini nanti diikuti oleh siswa juga yang menjadi sampel tadi sekitar misal 30 siswa ini isi dari faktor yaitu terkait dengan pelajar Pancasila jadi Apakah siswa kita sudah menggambarkan sebagai pelajar Pancasila yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlak mulia kebinekaan Global bergotong-royong Mandiri ada 6 profil Pancasila komponen dari Pancasila Meskipun tidak dimasukkan cinta kepada tanah air atau nasionalisme tapi kita tidak membahas itu yang jelas profil pelajar Pancasila ada 6 macam ini Kemudian untuk serta karakter tadi itu mengukur sikap kebiasaan nilai-nilai sebagai hasil belajar kognitif yang terkait dengan profil Pancasila.

Contoh Naskah Soal Survei Karakter

1. Hari Minggu Hayckal dan Faris berencana bermain futsal. Mereka berdua mengajak Rabindra teman satu tim futsal. Ketika menjemput Rabindra, ternyata hari Minggu pagi adalah jadwal Rabindra dan keluarga beribadah ke Gereja. 
Sikap bijaksana yang seharusnya ditunjukkan oleh Hayckal dan Faris adalah ….
A. Hayckal dan Faris tetap menunggu Rabindra di depan Gereja.
B. membujuk Rabindra agar tetap bermain futsal meskipun sebentar.
C. meminta maaf kepada Rabindra dan mengajak bermain futsal lain hari. 
D. meminta izin kepada kedua orang tua Rabindra untuk mengajak Rabindra tetap bermain futsal.
2. Natalia menemukan dompet di depan pintu masuk sekolah. Ketika dibuka ternyata ada identitas dan uangnya cukup banyak. Sementara itu, pada saat yang bersamaan Natalia membutuhkan uang untuk membeli buku pelajaran. Natalia tidak berani meminta uang kepada Ayahnya, karena ayahnya baru sakit sehingga tidak bisa bekerja. 
Sikap yang baik sebagai Pelajar yang Pancasilais ditunjukkan pada pernyataan? 
A. Mengembalikan dompet itu dengan senang dan tulus hati kepada yang punya.
B. Mengembalikan kepada yang punya dengan meminta imbalan yang cukup. 
C. Mengambil uangnya saja dan dompetnya diletakkan ditempat ia menemukan. 
D. Mengembalikan dompet tersebut karena takut hal tersebut menimpa dirinya.

Baca Juga

3. Dita adalah teman sekelas Dewi. Ia memiliki kelainan pada kaki kirinya sehingga kalau berjalan tidak tegak. Teman-teman sering mengejek sambil menirukan cara berjalan Dita.
Melihat perilaku teman-teman tersebut sikap Dewi adalah …
A. menyarankan kepada Dita untuk tidak mendengarkan ejekan teman-temannya.
B. menjauhi teman-temannya   yang sering mengejek Dita.
C. mengajak Dita menjauhi  teman-temannya agar tidak diejek.
D. mengingatkan teman-temannya agar tidak mengejek Dita.
4. SD Negeri Nusa Bangsa mengadakan berbagai kegiatan seni tradisional lokal. Sebagai siswa baru dari luar propinsi Aruna merasa asing dengan kegiatan tersebut.
Tindakan yang Aruna lakukan adalah ….
A. mengikuti  aktivitas kegiatan seni  tradisional lokal yang menarik baginya dan  meninggalkan kegiatan yang lainnya.
B. mengamati kegiatan seni tradisional lokal tersebut dan menanti teman yang mengajaknya untuk ikut terlibat.
C. mengikuti kegiatan seni tradisional lokal tersebut dan berusaha mengenalkan keunikan budaya daerah asalnya.
D. tetap bersemangat dan aktif mengikuti setiap kegiatan seni tradisional lokal  yang diselenggarakan sekolah.

Demikian tadi contoh soal survei karakater, untuk lebih lengkapnya unduh pada tautan dibawah ini.

0 Comments

Posting Komentar

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, dan kami mohon maaf apabila komentarnya tidak kami setujui atau bahkan kami hapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.