Senin, 28 Maret 2016

Download Aplikasi Daftar Satu Keadaan Siswa Dan Guru Dalam Administrasi Sekolah

 Aplikasi Keadaan siswa dan guru serta daftar urut kepangkatan sangat layak sekolah gunakan untuk kelengkapan administrasi sekolah yang dimiliki, aplikasi berbasis excel ini sungguh nyaman digunakan plus kami lengkapi dengan panduan
Keterangan atau Cara Penggunaan
Isi data siswa sesuai kelas
No Induk, NISN, Nama Siswa, Jenis Kelamin, Kelas, Tempat, Tanggal Lahi
Aplikasi Administrasi Daftar Satu Dan Keadaan Guru di Sekolah
(Yang wajib di isi : Jenis Kelamin, Kelas, Tanggal Lahir) Format pengetikan tanggal lahir (HH-BB-TTTT) mungkin akan berubah, sesuai dengan format tanggal di komputer anda.
Ceklis Kolom Keterangan Keluarga, DO dengan cara mengetikan huruf "V"
Jika semua sudah terisi, maka setiap bulannya anda hanya tinggal mengganti :
a. Tanggal Laporan (Perhatikan format tanggal di komputer anda)
c. Isi Absen
b. Hari Efektif
Untuk laporan ke kantor yang di print adalah DAFTAR 1 dan KEADAAN GURU.
dalam kombinasi yang nyata seperti tampilan berikut:
Jika diminta soft copy nya, lalu blok halaman daftar 1 dan Keadaan Guru (batas garis biru)
selanjutnya copy (Ctrl + C) lalu klik selanjutnya paste - paste spesial - values and number formats - OK/ Enter
Lakukan Copy dan Paste Special di Lembar Excel yang baru.
Jika ada murid yang keluar, anda copy anak ybs di sheet KELAS (Kelas 1, Kelas 2, dst). Kemudian pastekan ke sheet 
Mutasi Keluar, isi tanggal mutasi anak tsb.
Nama anak yang keluar tadi di Sheet KELAS cukup dihapus Jenis Kelaminnya, atau Kelasnya, atau Tanggal Lahirnya saja 
Agar suatu saat ingin mengetahui laporan Daftar 1 bulan sebelumnya anda tinggal mengisi lagi isian kolom yang dihapus dan mengganti tanggal ke bulan yang dimaksud.
Jika ada murid yang masuk, input terlebih dahulu di Sheet Mutasi Masuk. Bulan berikutnya anda copykan anak yang masuk
tsb ke Sheet Kelas (Misal: Amin Kelas 3 Masuk bulan Agustus, maka pastekan ke Sheet Kelas 3 pada bulan September)
Jangan lupa tanggal mutasi masuknya di isi.
Khusus untuk bulan Juni. Copy pastekan seluruh siswa yang ada di setiap kelas ke Sheet MUTASI KELUAR
Pastekan murid kelas 1-5 yang di copas ke sheet keluar tadi ke Sheet MUTASI MASUK. Selanjutnya bagi siswa Naik Kelas
ganti kelasnya (di Mutasi Masuk). Misal yang tadinya kelas 1 jadi kelas 2, kelas 2 jadi kelas 3, dst.
Untuk yang tinggal kelas/ mengulang, kelasnya jangan di ganti.
Awal Tahun Pelajaran
Daftar 1 ini digunakan untuk per Tahun Pelajaran, maka di awal Tahun Pelajaran:
Jika sudah pernah menggunakan Daftar 1 ini di Tahun Pelajaran sebelumnya maka anda Copy file tsb Lalu Rename
menjadi Daftar Satu tahun Pelajaran Sekarang (Misal : Daftar Satu 2016-2017)
Jika belum pernah/ baru. Maka anda harus melakukan langkah di point 1 dan 2 di atas terlebih dahulu.
Jika sudah pernah menggunakan Daftar 1, maka:
1. Hapus/ Kosongkan isi murid di setiap kelas.
2. Copy pastekan murid yang ada di Sheet Mutasi Masuk Ke Sheet Kelas (Sesuai Kelas)
3. Hapus/ kosongkan isi di Mutasi keluar.
4. Ketik/ input Kelas 1 Murid Baru di Sheet Mutasi Masuk
Di Bulan Agustus, pastekan murid kelas 1 Baru yang telah di ketik di sheet MUTASI MASUK ke sheet Kelas 1
Selanjutnya setiap bulan hanya tinggal mengganti tanggal laporan
Tambahan : DUK (Daftar Urut Kepangkatan) dan Chohort (dibuat akhir TP) Jangan lupa isi chohort tahun sebelumnya SUMBER
Aplikasi ini masih sangat sederhana, sambil berjalan akan dilakukan perbaikan

Kamis, 24 Maret 2016

Aplikasi Administrasi Guru Kelas SD KTSP Semester 1 dan 2 Menggunakan Microsoft Excel Paling Baru

Aplikasi Administrasi Guru Kelas SD KTSP Semester 1 dan 2 Menggunakan Microsoft Excel Paling Baru digunakan untuk mempermudah para wali kelas ataupun guru bidang studi dalam mengelola pemberkasan administrasinya di sekolah dasar.

Administrasi Guru Kelas SD KTSP

Silahkan download aplikasinya melalui link disediakan berikut ini :
[Link Download]
Akhir kata kkgjaro ucapkan terima kasih karena telah sempat mampir ke artikel ini, dan diharapkan Aplikasi Administrasi Guru Kelas SD KTSP Semester 1 dan 2 Menggunakan Microsoft Excel Paling Baru bisa sangat bermanfaat bagi Bapak/Ibu Guru se Nusantara.

Unduh Aplikasi Administrasi Guru Dalam Format Excel Terbaru

Administrasi guru adalah kewajiban yang juga harus dikerjakan seorang guru pada proses sebelum dan sesudah kegiatan belajar dan mengajar, konteks aplikasi administrasi guru ini akan memudahkan dalam mengelola administrasi baik administrasi kelas maupun bentuk-bentuk perencanaan dan penilaian.
aplikasi administrasi guru ini bisa dipastikan kualitas administrasi sekolah,kelas, baik untuk guru itu sendiri akan jauh lebih baik.
Aplikasi Administrasi Guru Lengkap Dan Terbaru Berbasis Excel
Isi aplikasi administrasi guru ini adalah sebagai berikut:
Data Isian   
Data Utama 
Cover Jadwal Pelajaran 
KKM
Kalender Pendidikan
Silabus  
Program Tahunan  ( Prota )  
Program Semester ( Promes )
Rencana Pembelajaran ( RPP )   
Absen Siswa
Jurnal
Rekap Absen 
Nilai Ulangan Harian 
Nilai Tugas
Nilai Efektif 
Rekap Absen
Koreksi UTS
AB Soal
Analisis dan Remidasi
Nilai Raport
Analisis Pencapaian Target Kurikulum  dan Daya Serap

Selasa, 22 Maret 2016

Aplikasi Administrasi Data Kesiswaan Berbasis Excel Untuk Sekolah

Data siswa dan pengadministrasian nya di sekolah merupakan hal penting dengan aplikasi administrasi kesiswaan yang berbasis excel ini kiranya akan membuat jauh lebih mudah dalam mengelola dan memanajemen data siswa pada sekolah dan dengan isian sebagai berikut format dan contoh administrasi siswa.
Aplikasi Administrasi Data Kesiswaan Berbasis Excel Untuk Sekolah

  • FORMULIR PENDAFTARAN SISWA BARU (PSB)
  • DAFTAR CALON SISWA BARU KELAS I
  • DAFTAR SISWA BARU KELAS
  • DAFTAR PEMBERIAN NOMOR INDUK SISWA BARU
  • REKAPITULASI PENCORETAN BUKU INDUK
  • BUKU KLAPER
  • JUMLAH SISWA MENURUT KELAS, ASAL DAN JENIS KELAMIN
  • DAFTAR USIA SISWA KELAS
  • JUMLAH SISWA MENURUT USIA, KELAS DAN JENIS KELAMIN
  • REKAPITULASI ABSENSI HARIAN SISWA
  • REKAPITULASI ABSENSI BULANAN SISWA
  • SURAT PERMOHONAN PINDAH SEKOLAH
  • SURAT KETERANGAN PINDAH SEKOLAH
  • MUTASI SISWA SELAMA SEMESTER
  • DAFTAR CALON PESERTA UAS / UN
  • DAFTAR CALON PESERTA UAS
  • PENDAFTARAN MASUK SLTP/MTs
  • DAFTAR LULUSAN, YANG MELANJUTKAN / TIDAK MELANJUTKAN
  • RAMENG KENAIKAN KELAS
  • REKAPITULASI KENAIKAN KELAS DAN KELULUSAN
mengunduh aplikasi kesiswaan diatas silahkan unduh pada tautan yang kami sematkan dibawah ini.

Senin, 21 Maret 2016

Download Aplikasi Administrasi Sekolah Untuk Kepegawaian

Aplikasi administrasi Kepala Sekolah untuk data Guru dan kepegawaian yang secara kontinyue bisa kita manfaatkan dalam berbagai data untuk kenaikan pangkat ASN atau PNS dengan administrasi kepegawaian yang baik kiranya bisa jadi acuan agar kedepan administrasi guru bisa lebih baik lagi.
Aplikasi Administrasi Kepegawaian untuk Kepala Sekolah dan guru dalam contoh format lengkap yang terintegrasi karena format-format ini berada dalam satu aplikasi excel untuk data administrasi pendidikan yang lebih baik, pihak sekolah kiranya wajib memiliki ini guna memungkinkan administrasi sekolah yang baik. dengan isian aplikasi sebagai berikut:
Aplikasi Administrasi Kepala Sekolah Dan Guru Kepegawaian Format Excel

Peg 1 - Rencana Kebutuhan Pegawai/Guru
Peg 2 - Usulan Pengadaan Pegawai / Guru
Peg 3a - Usulan Pengangkatan Calon Pegawai Negeri Sipil ( Cpns ) menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)
Peg 3b - Daftar Riwayat Hidup
Peg 4 - Usul Kenaikan Gaji
Peg 5 - Usul Kenaikan Gaji
Peg 6 - Data SKP dan DP 3
Peg 8 - Daftar Urut Kepangkatan Pegawai Negeri Sipil ( PNS )
Peg 9 - Buku Cuti Pegawai / Guru
Peg 10 - Surat Permintaan Berhenti dari Calon Pegawai Negeri Sipil / Pegawai Negeri Sipl dengan Hak Pensiun

Peg 11a - Surat Permintaan Pensiun PNS
Peg 11b - Daftar Susunan Anggota Kelurarga Pegawai Negeri Sipil
Peg 11c - Surat Permintaan Pembayaran Pensiun Pertama ( SP4 )
Peg 12 - Surat Pembayaran Pensuin Janda / Duda Pertama
Peg 13 - Surat Pembayaran Pensuin Janda / Duda Bagi Anak-Anak
Peg 14 - Permintaan Pensiun Janda / Duda bagi Anak-Anak yang di ajukan Wali
Peg 15 - Surat Pengaduan Permohonan Pensiun Bekas PNS / Permohonan Pembayaran Pensiun
Peg 16 - Surat Pengaduan Untuk Pensiun Janda / Duda
Peg 17a - Daftar hadir / Tidak Hadir Pegawai / Guru
Peg 17b - Daftar Rangkuman Tidak Hadi Pegawai / Guru Per Bulan
Peg 17c - Daftar Rangkuam Tidak Hadir Pegawai / Guru Per semester
Peg 18 - Data Kepagawaian
Peg 19 - kartu Pribadi Pegawai / Guru dan Daftar Urut Kepangkatan

Sabtu, 19 Maret 2016

Administrasi Kepala Sekolah Dalam Format Lengkap Sesuai Panduan

Administrasi Kepala Sekolah menunjang proses manajemen kepemimpinan yang baik, guru memiliki fungsi administrasi begitupun dengan guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah peranan administrasi juga wajib dilakukan dalam proses recording perencanaan pendidikan yang baik. Dalam Contoh Administrasi Kepala Sekolah ini kami sisipkan sebagai berikut:
I. ADMINISTRASI PENGAJARAN
a. Daftar Pembagian Tugas Mengajar
b. Buku Pemeriksaan Persiapan Mengajar
c. Buku Penyelesaian Kasus Di Sekolah
d. Buku Hubungan Kemasyarakatan
e. Persiapan Mengajar
f.  Buku Program Bimbingan
g. Buku Pencapaian Target Dan Daya Serap Kurikulum
h. Daftar Penyerahan Buku Nilai Hasil Belajar
i.  Buku Kunjungan Pengawas Ke Sekolah
j.  Buku pengaduan, masukan, Kritik, dan saran
k. Buku Notulen Rapat Guru/Komite (Buku panduan komite sekolah)
l.  Buku  ekspedisi
m. Buku Tamu Umum
n. Buku Tamu Khusus
o. buku  supervisi  kelas
Administrasi Kepala Sekolah Dalam Format Lengkap Sesuai Panduan

II. ADMINISTRASI KESISWAAN
Buku Calon Peserta Didik Baru
Buku Peserta Didik Baru
Buku klapper (buku daftar nama siswa berdasarkan abjad)
Papan Absen Harian Siswa
Papan rekapitulasi absensi harian siswa (di ruang kepala sekolah)
Buku Rekap Mutasi Siswa

KEGIATAN YANG MENGGUNAKAN SK. KEPALA SEKOLAH
Antara Lain  :
1. Pengembangan minat, bakat, kreativitas murid (Extrakurikuler)
a. Olahraga (Penjaskes)
b. Kesenian (Seni suara, Seni Rupa, dan sebagainya)
c. PMR
d. Pramuka
e. Keagamaan
1.pembina IMTAQ
        2.Pelaksanaan Hari Besar Islam
2. Lain-lain
a. Penataan Taman Madrasah
b. Tata tertib
c. Pembagian Tugas Mengajar
d. UAS/UAMBN,UN, Semester
e. PMB
f. Pengangkatan Tenaga   :
- Tata Usaha (TU)
- Bendahara
- Keamanan
- BK
- Perpustakaan
g. Pemberian Penghargaan kepada Guru/Siswa
h. Dan sebagainya (sesuai kebutuhan)
DOWNLOAD ADMINISTRASI KEPALA SEKOLAH

Jumat, 18 Maret 2016

Lomba Artikel Dan Karya Jurnalistik Pendidikan Dan Kebudayan Tahun 2016

Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016, Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan Lomba Artikel dan Karya Jurnalistik Pendidikan dan Kebudayaan 2016
“Keterlibatan Publik dalam Aktivitas Pendidikan dan Kebudayaan”
Subtema:
1. Mewujudkan Pelaku Pendidikan dan Kebudayaan yang Kuat
2. Mewujudkan Akses yang Meluas, Merata, dan Berkeadilan
3. Mewujudkan Pembelajaran yang Bermutu
4. Mewujudkan Pelestarian Kebudayaan dan Pengembangan Bahasa
5. Mewujudkan Penguatan Tata Kelola serta Peningkatan Efektivitas
6. Birokrasi dan Pelibatan Publik
Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016, Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, menyelenggarakan Lomba Artikel dan Karya Jurnalistik Pendidikan dan Kebudayaan 2016
1. Lomba Artikel untuk guru dan/atau orangtua siswa, dan Lomba Karya Jurnalistik (Features) untuk wartawan.
2. Artikel dan karya jurnalistik adalah karya asli, tidak duplikatif atau replikatif.
3. Artikel dan karya jurnalistik belum pernah/tidak sedang diikutsertakan dalam lomba apapun.
4. Artikel dan karya jurnalistik telah dimuat pada media massa cetak (nasional, daerah, maupun media internal
institusi) yang terbit di Indonesia. Kategori artikel dan karya jurnalistik dimuat pada periode 1 Januari 2016 s.d.
16 April 2016.
5. Tulisan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
6. Peserta bukan pegawai Kemendikbud.
7. Peserta dapat mengirimkan maksimal 5 naskah artikel dan karya jurnalistik.
8. Peserta dapat mengirimkan naskah artikel dan karya jurnalistik dalam bentuk kliping (hardcopy) disertai bukti
muat dan melampirkan softcopy dalam bentuk CD (file Microsoft Word).
9. Pengiriman naskah artikel dan karya jurnalistik dilampirkan bukti pemuatan paling lambat tanggal 18 April 2016
(cap pos) dan diterima panitia paling lambat tanggal 20 April 2016, dikirim ke alamat panitia lomba: Biro Komuni -
kasi dan Layanan Masyarakat, Gedung C lt. 4, Kemendikbud, Jl. Jenderal Sudirman, Senayan, Jakarta Pusat 10270.
Lomba Artikel Dan Karya Jurnalistik Pendidikan Dan Kebudayan Tahun 2016

10. Setiap peserta wajib melampirkan identitas pengirim yaitu: nama, alamat, email, nomor telepon/handphone, foto
copy kartu identitas KTP/SIM dan Kartu Keluarga. Khusus wartawan untuk kategori karya jurnalistik juga melam -
pirkan Kartu Pers.
11. Pengumuman hasil lomba melalui www.kemdikbud.go.id, facebook: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,
serta twitter @kemdikbud_RI pada bulan Mei 2016.
12. Pemenang I, II, dan III tiap kategori berhak atas piagam penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
dan uang tunai masing - masing sebesar:
Juara I (1 pemenang) : Rp. 15.000.000 (dipotong pajak)
Juara II (2 pemenang) : Rp. 12.000.000 (dipotong pajak)
Juara III (3 pemenang) : Rp. 10.000.000 (dipotong pajak)
13. Tim Juri berhak membatalkan artikel dan karya jurnalistik yang menjadi pemenang apabila diketahui tidak sesuai
dengan kriteria lomba.
2016
PANDUAN SELENGKAPNYA DOWNLOAD
SUMBER KEMDIKBUD 

Selasa, 15 Maret 2016

Buku Administrasi Guru Kelas Sesuai Panduan Lengkap Dalam Satu Paket

Buku Administrasi Guru, atau aplikasi lengkap administrasi guru dalam program belajar dan mengajar disekolah dijadikan dalam satu paket unduhan dan membentuk sebuah buku administrasi yang bisa dijadikan acuan atau pedoman guru dalam melakukan administrasi Kelas maupun Administrasi Guru tersebut.
Buku Administrasi Guru Kelas Sesuai Panduan Lengkap Dalam Satu Paket

Bapak/Ibu dalam administrasi nya sebagai Guru untuk Kelas nya dengan konten isian sebagai berikut:
Adapun Isi dari Buku Administrasi Guru Kelas tersebut adalah sebagai berikut:
1.  Buku Tamu
2.  Dua Belas Langkah Guru Kelas
3.  Biodata Siswa
4.  Struktur Organisasi Kelas
5.  Daftar Kelompok Belajar
6.  Jadwal Piket Kelas
7.  Daftar Sosiogram
8.  Keadaan Siswa dan Pendidikan Orangtua Siswa
9.  Data Umur Siswa dan Pekerjaan Orangtua
10.Asal Murid dan Grafik Absen
11.Mutasi Siswa
12.Rekapitulasi Nilai Raport
13.Target Kurikulum dan Taraf Serap
14.Grafik Target Kurikulum dan Taraf Serap
15. Kemajuan Belajar
a.   Profil Kelas
b.   Profil Mata Pelajaran
c.   Profil Murid
16. Perkembangan Fisik Murid
17. Inventaris Kelas
18. Keuangan
a.   Sumbangan Kelas
b.   Penerimaan Keuangan
19. Program Bimbingan dan Konseling
20. Buku Bimbingan
21. Buku Penghubung
22. Penerimaan dan Pengembalian Raport
23. Kegiatan Pembuatan Persiapan Mengajar Guru

Dengan komponen file diatas kami satukan dalam satu wadah yang kami kemas dalam bentuk rar, jadi silah diekstrak dulu untuk menggunakannya. silahkan unduh pada link dibawah ini.

Minggu, 13 Maret 2016

Cara Perbaiki Akreditasi Sekolah BAN-SM Di Verval SP

Cara perbaiki data akreditasi Sekolah pada Verval Satuan Pendidikan, sebelumnya untuk panduan/cara ini kita perhatikan kebijakan pembaharuan dapodik 411 untuk menu akreditasi langsung di push dari BAM SM. pada verval satuan pendidikan kali ini kita akan bahas mekanisme perbaikan data akreditasi sekolah melalui verval satuan pendidikan, langkah pertama siapkan sk akreditasi sekolah yang terbaru lakukan scan dengan format pdf ukuran maksimal 1 mb.

Kemudian masuk pada link ini klik Verval SP
lakukan login dengan menggunakan akun operator sekolah masing-masing yang sudah terdaftar di SDM PDSP yang juga biasa dilakukan pada verval pd maupun verval ptk jika belum daftar atau ada permaslahan saat login silahkan baca disini

Jika berhasil login lihat menu ini
Cara Perbaiki Akreditasi Sekolah BAN-SM Di Verval SP
Pastikan sudah disiapkan SK Akreditasi sekolah terbaru, karena angka-angka penilaian delapan standar pendidikan ada disitu. lihat tampilan isian berikut:
Cara Perbaiki Akreditasi Sekolah BAN-SM Di Verval SP
Silahkan inputkan apa yang ada pada SK Akredisai Sekolah terbaru, dan yang terakhir hasil scan SK Akreditas dalam format PDF tadi sesuai ukuran yang ditentukan segera diuploadkan, untuk mengakhiri klik simpan.

Sabtu, 12 Maret 2016

Arti dan Pengertian Serta Formula Kodefikasi NUPTK

Arti Kode atau angka Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK), ini memang sering jadi pertanyaan, pengertian merupakan Nomor Identitas yang resmi sebagai Nomor Induk bagi seorang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) baik yang berstatus PNS maupun Non-PNS dan memenuhi persyaratan dan ketentuan yang telah ditentukan.

Kebermanfaatan NUPTK sebagai identitas bagi GTK dalam proses eksekusi pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan maupun peningkatan mutu guru dan tenaga kependidikan pada umumnya.
Baca Juga arti Nomor Sertifikasi Guru pada Sertifikat Pendidik
Arti dan Pengertian Serta Formula Kodefikasi NUPTK

Status NUPTK, terdiri dari 16 angka yang bersifat unik dan tetap. NUPTK yang dimiliki seorang GTK tidak akan berubah meskipun yang bersangkutan telah berpindah tempat mengajar, perubahan riwayat status kepegawaian dan atau terjadi perubahan data lainnya.
Lihat cara usul dan syarat penerbitan NUPTK

Formula Kodefikasi NUPTK
Sifat Formula NUPTK:
      - Numerik
      - 16 digit
      - unsur formula (diacak):
        * tanggal lahir      :  2 digit
        * bulan lahir         :  2 digit
        * tahun lahir         :  3 digit
        * tahun lulus SD  :  3 digit
        * jenis kelamin     :  1 digit
        * kode generator  :  1 digit (0,1,2,3, dst)
        * nomor urutan     :  4 digit
Simak Juga panduan VERVAL PTK

Kepala Bidang Ketenagaan, Peserta Didik dan  Warisan Budaya Benda Pada Rakornas Lembaga Pendataan Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2016 Di Hotel Kartika Chandra, 1—4 Maret 2016