Senin, 29 Februari 2016

Aplikasi Kalkulasi Waktu Hitung Usia dan Durasi Waktu Secara Akurat Excel Macro

Aplikasi Kalkulasi waktu untuk hitung jumlah usia serta durasi waktu yang secara manual bisa dilakukan maupun secara otomatis, aplikasi ini sangat simple dalam penggunaan nya cocok dimiliki para pendata dalam hal ini untuk adminisatrasi sekolah, panduan penggunaan aplikasi kalkulasi waktu ini sudah tersedia dalam aplikasi ini. dengan tampilan sebagai berikut:
Aplikasi Kalkulasi Waktu Hitung Usia dan Durasi Waktu Secara Akurat Excel Macro
Hitung usia mencari masa tahun dan selisih tahun,atau usia dengan tahun berjalan.
DOWNLOAD APLIKASI KALKULASI WAKTU

Sabtu, 27 Februari 2016

Buku Elektronik Panduan Umum Komite Sekolah Dan Dewan Pendidikan Seluruh Jenjang Sekolah

Buku pedoman Petunjuk Teknis(Juknis) Komite Sekolah dan Dewan Pendidikan tertuang secara umum pada  BUKU PANDUAN UMUM DEWAN PENDIDIKAN DAN KOMITE SEKOLAH  berdasar PP No 17 Tahun 2010 yang diharapkan dapat digunakan sebagai acuan pelaksanaan bagi semua elemen masyarakat yang akan membentuk Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah atau memperluas peran, fungsi, dan keanggotaan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah yang telah ada.
Ebook Panduan Umum Komite Sekolah Dan Dewan Pendidikan Berdasarkan PP Nomor 17 Tahun 2010

Pembentukan Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah diharapkan dapat memacu usaha pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan, selaras dengan konsepsi partisipasi berbasis masyarakat (community-based participation) dan manajemen berbasis sekolah (school-based management) yang kini tidak hanya menjadi wacana, tetapi telah mulai dilaksanakan di Indonesia lihat sumber disini.

Jumat, 26 Februari 2016

Aplikasi Kalender Berbasis Excel Ukuran F4 Bisa Rubah Gambar Sendiri

Aplikasi Kalender excel ini memiliki sedikit kelebihan, bagaimana kita membuat kalender sendiri dengan foto sendiri dan ukuran kertas yang ada pada umumnya, Kalender atau Penanggalan seperti ini memang bukan barang baru, namun begitu banyak rekan-rekan yang memanfaatkan ini sehingga kami mempostingkan aplikasi khusus Kalender excel tanpa pasword dan begitu mudah digunakan.
Aplikasi Kalender Berbasis Excel Ukuran F4 Bisa Rubah Gambar Sendiri
Sedikit tampilan kami tunjukkan pada bagian depan Aplikasi Kalender Excel ini, jika mungkin berminat memilikinya unduh secara gratis pada link dibawah ini.
Cara unduhnya klik link dibawah> Next Page >lihat link goggle drive atau adflynya>
DOWNLOAD APLIKASI KALENDER EXCEL

Senin, 22 Februari 2016

Solusi Permasalahan Pada Lembar Cek Info PTK Invalid Data Terbaru Hasil Bimtek

Berbagai permasalahan info gtk/info ptk tempat cek tunjangan guru pada laman ditjen GTK, bagi penerima tunjangan profesi atau sertifikasi maupun insentif guru bukan PNS, hal ini adalah suatu kewajaran jika berkaca pada masa sebelumnya pun persoalan hampir sama keterangan ketidak validan data guru pada info ptk. berikut kami kutip catatan hasil bimtek dapodikdas provinsi Jawa Barat, yang saat itu admin info gtk langsung Nazarudin Kompetan dalam penjelasannya sebagai berikut dibawah ini.

Catatan Bimtek Dapodikdasmen Se'Provinsi Jawa Barat di Garut 20-21 Pebruari 2016 dari Pak Nazarudin Kompetan (Admin Pusat GTK).
Yang hadir pada saat itu seluruh operator se'provinsi jabar (Dikdas, Dikmen)
Solusi Permasalahan Pada Lembar Cek Info PTK Invalid Data  Terbaru Hasil Bimtek

1. Bila Cek Info GTK Status Rekening (Silang) : Tenang nanti akan dibuatkan Rekeningnya oleh Pusat. Bagaimana kisahnya, nanti bunda akan tau. Jd Enjoy aja yah.

2. Guru TK, tidak boleh Lintas jenjang misal pindah ke SD. Harus Konsisten, 

3. Di Cek Info GTK, yg belum Sertifikasi jgn Lihat Validasi (yg silang, ceklis). Coba dilihat dgn seksama itu buat siapa datanya "VALIDASI TUNJANGAN PROFESI"

4. Bila di Cek Info GTK keterangannya : Lulus di Kementerian Lainnya, itu masih proses jd jangan galon ya bun..

5. Di TK tidak ada Team Teaching (Guru Pendamping) Kalo istilahnya kerenya Duet Maut di Kelas.. hehe 1 Rombel 1 Guru kelas & Kepala Sekolah. bukan 1 Rombel 1 Guru Kelas, Guru Pendamping & Kepala Sekolah.

6. Kesalahan dr Jenjang PAUD : Pembelajaran tidak diisi, Mapping rombel salah. 

7. Gelar jangan dimasukkan/ di entrykan di app dapodiknya seperti : Hj, Raden, S.Pd dan lain –lain Misal, Yudi Wahyudi, S.Pd, Hj. Yudi Wahyudi, S.Pd. Cukup Nama saja : Misal : Yudi Wahyudi.

8. Kalau sudah 4 hari data Cek Info GTK belum update/masuk lakukan sinkron ulang.

9. Keaktifan PTK di Penugasan, sesuai dengan bulan berjalan. Misal kalau sekarang Januari ya Ceklis Januari, Trs Bulan Pebruari Ceklis itupun tiap diakhir bulan dan seterusnya. (Misal ya ini Misal, Kalau di Ceklis semua bulannya apakah kita tau nantinya Mutasi atau Meninggal)

10. NUPTK yang diinputkan didapodik harus nuptk milik PTK tersebut tidak boleh menggunakan NUPTK milik orang lain Contoh : PTK A meninggal dunia lalu NUPTK nya digunakan oleh PTK B , maka di info GTK akan terditeksi NUPTK di gunakan oleh 2 orang walaupun PTK A sudah meninggal.

baca juga solusi NUPTK Invalid atau Ganda


11. Jenis PTK kalau di entry "Lainnya" tidak akan muncul di pembelajaran.

12. Data di Cek info GTK akan di Kunci setelah keluar SKTP, data yang dikunci, dapat dibuka kuncinya di info GTK ada buka kunci klik usulan , prosesnya 4 hari, bila kunci tidak bisa di buka maka simtunjangan kab/kota pun tdk akan bisa membuka.

13. Semua Jenis Tunjangan diambil dr Dapodik.  Jd Cek n Ricek Datanya ya bunda, Kalo sudah oke/valid duluan bisa lebih duluan terbit SKTP nya.

Aplikasi Bel Sekolah Gratis Otomatis Komplit Dengan Banyak Suara

Bel Sekolah sangat diperlukan untuk mengatur waktu dalam rutinitas agenda sekolah, kalau secara konvensioanal kita menggunakan lonceng, pada era digital ini kita mengenal bel sekolah otomatis berupa siftware yang bapak/ibu bisa unduh pada link dibawah ini secara gratis.

Dilengkapi dengan banyak suara menjadikan aplikasi bel sekolah gratis ini banyak diunduh oleh pihak sekolah dalam pengaturan waktu dan menit jam istirahat, jam masuk maupun pergantian pelajaran,
Aplikasi Bel Sekolah Gratis Otomatis Komplit Dengan Banyak Suara
tak hanya itu saja aplikasi bell otomatis ini pun kami lengkapi dengan banyak suara rekaman yang bisa digunakan sekolah, untuk panduan penggunaan bel otomatis lihat gambar ini
Aplikasi Bel Sekolah Gratis Otomatis Komplit Dengan Banyak Suara
Silahkan Download aplikasi Bel Otomatis


Sabtu, 20 Februari 2016

Program Kerja Kepala Sekolah, Program Tahunan Dan Segala Pelengkapnya

Guru yang memiliki tugas tambahan sebagai kepala sekolah juga harus memiliki Program Kerja Kepala Sekolah, dari Rencana Kerja Kasek,Program Tahunan, ceklist implementasi merupaka salah satu bagian wajib dalam kinerja Kepala Sekolah untuk Administrasi Kerja.
Program Kerja Kepala Sekolah, Program Tahunan Dan Segala Pelengkapnya


Berikut format-format program kerja Kepala Sekolah Program Kerja Tahunan, maupun RKT seorang Kepala Sekolah, silahkan unduh contoh format-format berikut:

DOWNLOAD PROGRAM KERJA TAHUNAN KASEK
DOWNLOAD PROGRAM KEPALA SEKOLAH

Selasa, 16 Februari 2016

Cara Mengatasi NUPTK Invalid Dan Ganda Pada Verval PTK

Saat cek verval ptk/gtk login NUPTK, kita upload foto data guru atau ptk seperti panduan yang telah ada namun kita dapati muncul di menu pengelolaan keterangan Invalid NUPTK, NUPTK Duplikat atau ganda, hal ini menjadi pertanyaan tersendiri mengapa bisa demikian, apa solusi atau cara mengatasi NUPTK Invalid dan Duplikat.

Cara atau solusi mengatasi Invalid NUPTK
Cek dulu kevalidannya baca klik Cara Periksa Keaktifan NUPTK
Cara Mengatasi NUPTK Invalid Dan Ganda Pada Verval PTK

Pastikan pada aplikasi dapodik sudah dicek seperti dibawah ini :
1. Pada menu Penugasan PTK sudah dipilih Sekolah Induk (Ya);
2. Sudah dimapping pada Rombel pembelajaran;
3. Jika sudah diperbaiki lakukan sync, tunggu 1x24jam;
4. Jika karena salah entri NUPTK di dapodik, operator sekolah tinggal tunggu/pantau saja di vervalGTK, admin PDSPK akan melakukan verval yang hasilnya :
a. jika datanya ditemukan di arsip status invalidnya akan berubah jadi valid dan NUPTKnya terupdate;
b. jika datanya tidak ditemukan di arsip, nanti dijadikan kandidat penerima NUPTK(muncul dimenu Calon Penerima NUPTK). Yang kemarin terlanjur/belum(sama saja) entri Peg Id masuk poin ini.
Baca juga Cara Verval PTK Upload Dokumen usul NUPTK

Jika yang terjadi NUPTK Duplikat atau Ganda
Cara mengatasi nya
NUPTK ganda
Ini besok diselesaikan di Disdik Kab/Kota setempat (penentuan sekolah induk, karena tercatat lebih dari 1 sekolah, upload SK Satminkal/Penugasan Induk), admin dinas yang eksekusi.
sumber admin PDSPK Aryadi Nugroho

Mengenal FOPPSI, Organisasi Resmi Terbesar Operator Pendataan Pendidikan Di Indonesia

FOPPSI ketika mendengar namanya seakan para operator bertanya-tanya? Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia(FOPPSI) organisasi FOPPSI sendiri terbilang baru namun gelegar dan banyaknya yang bergabung seakan jelas organisasi ini sangat digemari para OPS seluruh Indonesia, tentu saja jika kita cermati maksud dan tujuan FOPPSI sendiri juga memperjuangkan nasib operator sekolah dalam berbagai bidang pendataan. mari kita simak apa FOPPSI itu bagaimana cara bergabungnya...

Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia (FOPPSI) Forum ini di bentuk untuk mewadahi semua operator pendataan di semua jenjang pendidikan seluruh indonesia, karena saat ini banyak forum atau perkumpulan dengan skala kedaerahan dan per jenjang, untuk itu kami ingin semua operator yang ada untuk bergabung dan satu suara untuk mengapresiasikan seluruh keluhan untuk dijadikan satu yaitu melalui FOPPSI, sekarang kerjaan operator digunakan manfaatnya oleh pemangku kebijakan tapi tidak di akui keberadaannya, untuk itu FOPPSI ingin operator mempunyai payung hukum yang jelas entah itu melalui revisi permen 24 tahun 2008 atau punya payung hukum sendiri. Forum ini juga lahir dari para pemerhati operator yang peduli akan nasib mereka. sebagaimana diketahui bahwa keberadaan operator saat ini tidak pernah diakui.

padahal operator adalah ujung tombak dari sekolah.  untuk memperkuat keberadaan operator akhirnya pada tanggal 21-22 Desember 2015 FOPPSI mengadakan Musyawarah Kerja Nasional yang dihadiri oleh para pengurus FOPPSI


Apa itu FOPPSI
FOPPSI (Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia) sebagai tempat terhimpunnya segenap Operator Pendataan Pendidikan semua jenjang satuan pendidikan merupakan organisasi perjuangan, organisasi profesi, dan organisasi ketenagakerjaan yang berdasarkan Pancasila, bersifat unitaristik, independen, dan tidak berpolitik praktis, secara aktif menjaga, memelihara, mempertahankan, dan meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa yang dijiwai semangat kekeluargaan, kesetiakawanan sosial yang kokoh serta sejahtera lahir batin, dan kesetiakawanan organisasi baik nasional maupun internasional. FOPPSI juga bukan organisasi yang lahir karena kepentingan pribadi, kelompok, atau Instansi. FOPPSI lahir dari Operator dan untuk operator.
Mengenal FOPPSI Sebagai Organisasi Resmi Terbesar Operator Sekolah Di Indonesia 
Organisasi FOPPSI Sekretariatnya dimana?
Forum Operator Pendataan Pendidikan Seluruh Indonesia didirikan pada 12 Oktober 2015 dalam Musyawarah Nasional di Jakarta untuk waktu yang tidak ditentukan. Organisasi Tingkat Nasional berkedudukan di Ibu Kota Propinsi yang dekat dengan Ibu Kota Negara Republik Indonesia atau Ibukota Negara Republik Indonesia.
Sekretariat : SD Alam Natur Islam, Jln. Raya Pondokgede Permai No. 11A Jatirasa, Jatiasih, Kota Bekasi 17424

 

Keberadaan FOPPSI tak diragukan lagi karena sudah berbadan hukum
Akta Notaris Nomor 2283 Tanggal 29 Desember 2015
Notaris : IIS ANITA PUSPITASARI, SH
SK MENKUMHAM NOMOR : AHU-0033876.AH.01.07.TAHUN 2015

Visi FOPPSI
“TERWUJUDNYA OPERATOR PENDATAAN PENDIDIKAN INDONESIA YANG PROFESIONAL SOLID DAN SEJAHTERA DALAM PELAKSANAAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN BERBASIS IMTEK”
Dengan Indikator :
Seluruh komponen Organisasi memiliki kemampuan secara profesional
Bekerjasama secara kolaboratif baik dengan instansi pemerintah maupun dengan organisasi lain dalam memperjuangkan anggota
Peduli terhadap fenomena sosial kemasyarakatan anggota Organisasi
Norma Agama dan Norma Sosial menjadi landasan berpikir dan bertindak seta berkemampuan di bidang Ilmu dan Teknologi


Saat ini organisasi FOPPSI meski terbilang baru namun memiliki perkembangan yang luar biasa, ini terbukti berbagai keanggotaan yang ada diseluruh Indonesia dari berbagai, tersebar ratusan cabang daerah keanggotaan FOPPSI, dengan perkembangan luar biasa ini FOPPSI seakan jadi inspirasi bersama semua ops, sesuai dengan tujuan dan mottonya "Data tepat dan akurat"

Bagaimana cara bergabung di FOPPSI ? Apakah Sulit ? tentu tidak apalagi bapak/ibu memang operator Pendataan
silahkan coba pada link berikut:
Klik Bergabung Keanggotaan FOPPSI

Sabtu, 13 Februari 2016

Beasiswa S2 Guru SD Dan SMP Dari Kemdikbud Tahun 2016

Beasiswa tahun 2016 untuk Guru SD/SDLB, SMP/SMPLB dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan khusus guru yang berstatus PNS ikuti panduan dan syarat berikut ini:
Beasiswa S2 Guru SD Dan SMP Dari Kemdikbud Tahun 2016Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar,  Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud memberikan dana bantuan peningkatan kualifikasi akademik S-2 bagi guru pendidikan dasar yang bertugas di sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah dasar luar biasa (SDLB), dan sekolah menengah pertama luar biasa (SMPLB).

 Persyaratan
a) Guru dikdas yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil (PNS) atau  guru tetap yayasan.
b) Berusia maksimal 37 tahun pada saat penutupan pendaftaran yang dibuktikan dengan fotocopy kartu tanda penduduk.
c) Lulusan jenjang sarjana (S-1) dari program studi yang relevan dan terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi  (BAN-PT).
d) IPK minimal 2,75 (dalam skala nilai 0-4) yang dibuktikan dengan fotokopi ijazah dan transkrip  nilai yang  dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
e) Memiliki pengalaman mengajar minimal 2 (dua) tahun yang dibuktikan dengan fotokopi SK pengangkatan pertama yang dilegalisasi oleh pejabat berwenang.
f) Memperoleh izin untuk mengikuti program peningkatan kualifikasi akademik S2, dibuktikan dengan Surat Tugas Belajar dari pejabat berwenang.
g) Sanggup dan bersedia mengikuti studi di PTP yang ditunjuk oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar,  Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Kemdikbud, yakni Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dengan menandatangani surat pernyataan bermaterai.

 B. Pendaftaran Calon Peserta
Pendaftaran calon peserta dilakukan sebagai berikut.
1 Guru dikdas yang berminat mengirimkan berkas pendaftaran ke Direktorat Pembinaan Guru Dikdas dengan melampirkan surat rekomendasi dari dinas pendidikan kabupaten/kota setempat.
2) Berkas administrasi yang harus disertakan dalam pendaftaran sebagai berikut.
a) Surat permohonan bantuan peningkatan kualifikasi akademik S-2 (diketahui atasan langsung dan dinas pendidikan kabupaten/kota) kepada Direktur Pembinaan Guru Dikdas.
b) Surat pernyataan kesanggupan studi S-2 di Perguruan Tinggi Penyelenggara, yakni: Unesa, UM, UNY, dan UPI.
c) Surat keterangan sehat dari dokter.
d) Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).
e) Pas poto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 4 lembar.
f) Daftar riwayat hidup.
g) Fotocopy ijazah yang telah dilegalisasi (dengan cap basah).
h) Fotocopy KTP.
i) Fotocopy NPWP.
j) Fotocopy SK pengangkatan pertama.
k) Alamat pengiriman berkas
Subdit  PKPKK Direktorat Pembinaan Guru Dikdas, Kompleks Kemdikbud Gedung D Lantai 15, Jalan Jenderal Sudirman Senayan Jakarta. Telp./Faks (021) 57974130

Pada pojok kanan atas amplop pengajuan berkas ditulis “BEASISWA S-2”
BERKAS PENDAFTARAN DITERIMA PANITIA PENYELENGGARA PALING LAMBAT 25 MARET 2016 (STEMPEL POS), MELEWATI BATAS WAKTU YANG TELAH DITETAPKAN  TIDAK DIIKUTSERTAKAN DALAM PROSES SELEKSI SELANJUTNYA

Informasi resmi terdapat pada buku Pedoman Bantuan Peningkatan Kualifikasi Akademik S-2 Bagi Guru Pendidikan Dasar Tahun 2016 yang Akan diunggah pada Web Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud (http://gtk.kemdikbud.go.id/) atau Web Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya (http://pasca.unesa.ac.id).
selengkapnya
DOWNLOAD SYARAT RESMI NYA

Kamis, 11 Februari 2016

Cara Pengaktifan Guru PAI Di Sekolah Naungan Kemdikbud Pada Layanan Simpatika

Guru Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Naungan Kemdikbud pada proses keaktifan data layanan simpatika padamu negeri, berikut ini kabar yang kami lansir pada Padamu Negeri Kemdikbud yang kini telah beralih kelayanan Simpatika yang terkolerasi pada Kementerian Agama, dan Guru-Guru PAI Naungan Kemdikbud.
PERIHAL PROSES KEAKTIFAN KHUSUS GURU PENDIDIKAN AGAMA DI SEKOLAH NAUNGAN KEMDIKBUD
Cara Pengaktifan Guru PAI Di Sekolah Naungan Kemdikbud Pasa Layanan Simpatika

Assalammualaikum wr.wb
Kemenag menaungi juga para Guru yang mengampu mata pelajaran Pendidikan Agama khususnya di sekolah - sekolah naungan Kemdikbud. Untuk itu SIMPATIKA dirancang untuk dapat mengakomodir pendataan para Guru dan Staf (Tenaga Kependidikan) yang bertugas lintas jenjang (RA, MI, MTS, MA, MAK) dan lintas naungan (Kemenag dan Kemdikbud) secara terpadu (terintegrasi satu aplikasi).

Saat ini masih dilakukan proses pemutakhiran pada sistem SIMPATIKA khususnya untuk mempermudah para Guru Pendidikan Agama dalam melaksanakan proses keaktifan periode semester 1 TP. 2015/2016 menggunakan akun individu masing-masing.

Pemutakhiran yang direncanakan antara lain:

1. Data para Guru Pendidikan Agama naungan Kemdikbud telah di-update di situs publik SIMPATIKA di http://simpatika.kemenag.go.id

2. Alur proses keaktifan dapat langsung cetak kartu digital PTK terlebih dahulu sebelum melengkapi laporan jadwal mengajar.

3. Pengisian jadwal mengajar di sekolah induk dan non-induk sebagai basis perhitungan JJM dapat dilakukan mandiri tanpa perlu menunggu proses isian Jadwal Kelas kolektif oleh Operator Sekolah.

4. Semua proses persetujuan berkaitan dengan e-administrasi para Guru Pendidikan Agama naungan Kemdikbud dialihkan ke Kantor Kemenag Kab/Kota setempat.

Proses pemutakhiran dimaksud dijadwalkan dapat mulai aktif dalam minggu depan. Demikian informasinya semoga bermanfaat.

Senin, 08 Februari 2016

Pedoman Penilaian Prestasi Kerja Guru,SKP Kepala Sekolah Dan Guru Yang Diberi Tugas Tambahan

Buku Pedoman Penilaian Prestasi Kerja Guru, Sasaran Kinerja Pegawai/SKP Kepala Sekolah dan Guru yang diberi tugas tambahan, merupakan bagian penting yang tak terpisahkan dari PK Guru Dan SKP Guru dalamPetunjuk pedoman pembuatan dan penyusuan PK untuk SKP.  
Penilaian prestasi kerja bagi guru, kepala sekolah, dan guru yang diberi tugas tambahan dilaksanakan untuk mengevaluasi kinerja guru, kepala sekolah, dan guru yang diberi  tugas tambahan, yang dapat memberi petunjuk bagi pejabat yang berkepentingan dalam rangka pembinaan profesi guru, kepala sekolah, dan guru yang diberi tugas tambahan secara obyektif.
Pedoman Penilaian Prestasi Kerja Guru,SKP Kepala Sekolah Dan Guru Yang Diberi Tugas TambahanBaca Juga SKP Semua Golongan PNS

Hasil penilaian prestasi kerja akan dimanfaatkan antara lain sebagai dasar pertimbangan penetapan keputusan kebijakan pembinaan karier guru,  kepala sekolah, dan guru yang diberi tugas tambahan yang berkaitan dengan bidang pekerjaan, pengangkatan dan penempatan, pengembangan, penghargaan, serta
disiplin. Hal ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang mengamanatkan guru dalam melaksanakan tugas keprofesionalan berhak mendapatkan promosi dan penghargaan sesuai dengan tugas dan prestasi kerja.
Juknis Penilaian Kinerja Prestasi Guru
Penilaian prestasi kerja dimaksud dilaksanakan secara sistematis yang penekanannya pada tingkat capaian sasaran kerja atau tingkat capaian kinerja guru, kepala sekolah
DOWNLOAD BUKU PEDOMAN PENILAIAN PRESTASI KERJA GURU

Sabtu, 06 Februari 2016

Buku Induk Siswa Aplikasi Excel Kurikulum 2013 Dan KTSP Dilengkapi Presensi Dan Absensi

Aplikasi Buku Induk Siswa Kurikulum 2013 dan KTSP menjadi satu paket isian dalam aplikasi buku Induk 13 dan KTSP. meski aplikasi ini bernama aplikasi Buku Induk Siswa namun mampu untuk melakukan catatan absensi siswa dan input nilai siswa dalam pilihan sekolah pada Kurikulum 2013 atau KTSP, tentunya ini sangat memudahkan dalam proses administrasi siswa pada sekolah, lihat tampilan berikut:
Buku Induk Siswa Aplikasi Excel Kurikulum 2013 Dan KTSP Dilengkapi Presensi Dan Absensi
Input data sekolah silahkan sesuaikan, input data PD cetak cover, cetak register pendaftaran dengan biodta siswa lenglap, menjadi satu bagian dalam aplikasi absensi yang dikombinasikan kedalam buku induk hingga tak perlu input data ulang lagi.

DOWNLOAD BUKU INDUK DUA KURIKULUM
password login: admin 

Kamis, 04 Februari 2016

Aplikasi Cetak Piagam Penghargaan Berbasis Excel Untuk Siswa Juara Kelas

Aplikasi ini dikhususkan untuk para siswa yang juara dalam kelas kita, sebagaimana piagam penghargaan lainnya aplikasi ini seakan memiliki kelebihan tersendiri, karena aplikasi piagam penghargaan selain mudah digunakan juga memiliki lima pilihan template yang berbeda, hal ini membuat piagam kita bisa sesuai dengan apa yang kita inginkan.

aDengan aplikasi cetak piagam ini membuat segalanya lebih mudah dalam memberikan piagam juara pada kelas kita pada tiap semester maupun tiap akhir tahun kenaikan kelas. 

Rabu, 03 Februari 2016

Inilah Point Penting Pemutakhiran Integrasi Dapodikdasmen

Dapodikdasmen adalah proses integrasi atau penyatuan dua pendataan yang selama ini web pendataan yang semula beralamat di dapo.dikdas.kemdikbud.go.id dan dapo.dikmen.kemdikbud.go.id menjadi satu bagian yang tak terpisahkan lagi ke alamat dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

Inilah Point Penting Pemutakhiran Integrasi Dapodikdasmen
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah mengeluarkan beberapa informasi penting seputar Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah (Dapodikdasmen). Informasi penting itu termuat dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, bernomor 314/D/TI/2016, tertanggal 15 Januari 2016, tentang Pemutakhiran Data Dapodik.

Dalam surat yang ditandatangani Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad, itu ada enam poin penting tentang pemutakhiran Dapodikdasmen

Tepat pada Point Ke tiga
Ketiga, web pendataan yang semula beralamat di dapo.dikdas.kemdikbud.go.id dan dapo.dikmen.kemdikbud.go.id akan segera diintegrasikan ke alamat dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id. Dengan demikian, seluruh aktivitas dan manajemen pendataan dimigrasi ke alamat baru tersebut, yang rencananya akan diluncurkan paling lambat pada akhir Januari 2016. Keempat, pengelolaan Dapodik jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah akan disatukan dalam Kelompok Kerja Data Pendidikan (KK Datadik) dengan menerbitkan Surat Keputusan Pembentukan KK Datadik Provinsi/Kabupaten/Kota terbaru dengan melibatkan operator pendataan Dapodikdas dan dapodikmen sebelumnya.

Baca Juga Dapodikdasmen Peleburan Dapodikdas dan Dapodikmen

Kelima, untuk menjamin validitas faktual data Dapodik yang dikirimkan oleh sekolah melalui online, maka kepala sekolah wajib mengunduh, mengesahkan sekaligus menyerahkan Dokumen Pakta Integritas yang dapat diakses di dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id ke KK Datadik Kabupaten/Kota

Aplikasi SKHU Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2015/2016

Surat Keterangan Hasil Ujian Sekolah Sementara SKHUS SD tahun 2016 dalam bentuk aplikasi excel, dan secara garis besar aplikasi skhu ini flexible pasword pun disediakan dalam aplikasi jika rekan guru mau mengeditnya. Aplikasi ini kami dapatkan dari Guru SD Net sebagai salah satu blog atau portal penyedia aplikasi pendidikan Sekolah Dasar dan berbagai media.

Aplikasi SKHU Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2015/2016
Dilengkapi dengan surat keterangan hasil kelulusan plus SKHU/SHU 3 Mata pelajaran dan semua mata pelajaran.
Seperti layaknya aplikasi pendidikan lainnya dalam cara input awal mula tentu isikan data Sekolah dan Siswa yang ideal dengan Sekolah masing-masing, semoga bermanfaat

Password buka ekstrak rar : www.gurusd.net