Jumat, 18 Oktober 2013

Trik Backup Lokal Dapodikdas 2013

Boleh saja Aplikasi Dapodikdas 2013 ini tidak memiliki fasilitas backup dan restore namun kembali ada sedikit trik yang di jelaskan oleh Pak Roy salah satu rekan Ops yang coba berbagi mengenai Bagaimana melakukan Backup pada Dapodikdas 2013 ?
ini menghindari jika PC/Laptp kita terserang virus atau program dapodikdas 2013 lupa pasword atau laptopnya di curi maling, padahal entri data udah hampir selesai. galau gak tuh....

Pada postingan yang lalu serasa kurang sempurna karena kurang joss kata kawan-kawan akibat tak ada gambar prakteknya, Kesempatan kali ini saya pun cuma bisa berbagi kepada kawan yang telah melakukan backup data lokal dan sempurna hasilnya.

Berikut trik yang dibagikannya namun kali ini pada windows 8, santai saja cara dan tekhnisnya kurang lebih saja dengan win 7.
yuk kita cermati ...

langkah awal sebelum kita melakukan copy dataweb dan database kawan-kawan harus lakukan ini.
kalau pada win 7 klik start pada windows 8 kita klik search dan tulis service. tekan enter. lihat ada view local servise hasilnya...klik berikut gambarnya agar makin Josss...
Setelah kita mengklik view local servise maka muncul pencariannya yang harus kita stopkan dulu pada DapodikdasDB dan Dapodikdas WebSrv double klik ingat satu persatu kita stopkan. lihat tampilannya akan seperti berikut:
Setelah selesai maka statusnya lihat-lihat dulu ini yang menyebabkan Galat/Cannot copy kata Om...
ini tampilan nya
kalau tidak running berarti stop dan aman untuk kita melakukan copy paste pada data-data berikut
database dan dataweb, copy dan paste ketempat yg paling aman, namun gak perlu lah sewa pengawal untuk mengamankannya. lihat gambar ini :

Setelah data tersebut di copi dan diamankan, Uninstal aplikasi Dapodikdas 2013 anda.
Restart Komputer anda, instal ulang aplikasi dapodikdas anda dan register dengan cara biasanya stop dulu sampai register.

anda harus kembali melakukan cara diatas klik search, local hentikan lagi seperti langkah diatas, setelah stop DapodikdasDB dan Dapodikdas WebSrv pada tahapan ini, anda copi program yang telah anda amankan tadi dan bawa untuk mempaste ke Drive C Program File/Dapodikdas pastekan saja..
lalu jalankan double klik pada dua folder yang kita pastekan tadi kita klik start namun biasanya akan running sendiri kalau kita restart PC/Laptop kita...
Restart kita buka aplikasi Dapodikdas kita, Lihat hasilnya data anda bisa terselematkan...
Semoga Bermanfaat, hanya sekedar berbagi...




6 komentar

  1. sangat bermanfaat, izin share lagi pak guru tuk rekan yg lain ! thaks salam dari kabupaten tangerang, sukses slalu maju terus dunia pendidikan !

    BalasHapus
  2. Gagal terus utuk merestor ke komputer lain nya pak... Langkah demi langkah sudah sesuai dengan petunjuk di atas...

    BalasHapus
  3. Pelan-pelanlah caranya...pastikan replace all

    BalasHapus
  4. Setelah mengikuti langkah-langkah diatas, saya mau buka dapodikdas kok tidak bisa ya pak?
    ada tulisan (maaf. username yang anda masukan tidak terdaftar)
    padahal usernamenya dan paswrdnya sudah benar,
    mohon bantuannya

    BalasHapus
  5. itu saat merestore kan data atau saat melakukan backup, jika melakukan restore data ibu tak usah lagi registrasi, login saja

    BalasHapus

Mohon tidak berkomentar dengan link aktif, dan kami mohon maaf apabila komentarnya tidak kami setujui atau bahkan kami hapus
EmoticonEmoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.